>

BEI: Performa IHSG Terbaik di Dunia

Rabu, 1 Mei 2013 - 11:16 wib | Dina Mirayanti Hutauruk - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

BEI: Performa IHSG Terbaik di Dunia
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sempat mencatatkan intraday harian tertinggi pada perdagangan kemarin. IHSG tercatat mencapai 5.340, dan telah  mencatat kenaikan sekira 16 persen pada tahun ini.

"Indeks kita kemarin kebetulan juga mencatatkan rekor tertinggi, tertinggi juga di dunia. Kita Cuma kalah dari dari Jepang yang sudah beberapa tahun jelek  terus performanya," kata Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI) Frederica Widyasari Dewi di gedung BEI, Rabu (1/5/2013).

Menurutnya, performa IHSG masih jauh di atas negara-negara lain, seperti Amerika Serikat (AS), Thailand , apalagi Malaysia. Selain itu, negara lain masih 
banyak yang mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang negatif, seperti Korea dan juga China, yang masih di bawah nol persen pertumbuhannya.

"Kemudian kapitalisasi pasar kita juga sudah hampir Rp5.000 triliun, tentu juga ini merupakan suatu Pekerjaan Rumah (PR) juga buat kita untuk menambah jumlah isuer kita. Kita juga tahun ini untuk pertama kalinya, market capital kita melebihi Malaysia juga," katanya.

Dia melanjutkan, saat ini IHSG memang masih ada di bawah Singapura. Namun, dengan banyaknya isuer-isuer masuk maka tujuan yang paling dekat yakni melebihi Singapura dalam hal market capital.

"Kita bisa menyalip kapitalisasi di Singapura sekira Rp5.900 triliun. Potensinya lebih besar, 3.000 perusahaan kita banyak yang layak di pasar modal," tambah dia.

Dia mengatakan saat ini BEI tengah memperbanyak perusahaan di. Salah satu caranya, yakni dengan bekerjasama dengan Kadin, Hipmi, dan perusahaan di daerah. Selai itu, dia mengatakan investor muda di perguruan tinggi. "Targetnya jumlah investor ritel domestik naik, dari kepemilikan saham 58 persen, aktivitas transaksi 60 persen domestik," tukas dia. (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Sekilas Mengenai Aliran Modal Asing RI