REI: Jauh Panggang dari Api

|

Yuni Astutik - Okezone

Ilustrasi. (Foto: olx.co.id)

REI: Jauh Panggang dari Api
JAKARTA - Real Estate Indonesia (REI) ragu jika Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) bisa rampung dalam waktu dekat. Hal itu didasari atas kondisi saat ini.

"Tapera jauh panggang dari api. Melihat kondisi sekarang belum disetujui pemerintah," kata Ketua REI, Setyo Mahar saat pembukaan pameran perumahan REI Expo ke-26 di JCC, Sabtu (4/5/2013).

Padahal, lanjut dia, berdasarkan rencana Tapera akan dirampungkan Juli mendatang. Sehingga dia berharap agar segera ada kemajuan terkait Tapera ini. "Semoga Tapera segera disetujui," imbuh dia.

Sebagai informasi, REI mengusulkan iuran Tapera sebesar 1 persen per bulan dari gaji. REI berasumsi jika dari 1 persen tersebut bisa menghasilkan dana sekira Rp25 triliun dalam satu tahun.

Ketua Badan Pertimbangan Organisasi (BPO) REI Teguh Satria mengatakan, jika setiap tahunnya negara bisa menghimpun dana murah mencapai Rp25 triliun, maka sebelum peringatan satu abad Indonesia Merdeka, Tabungan wajib perumahan bisa mencapai sekira Rp800 triliun.

"Kalau bisa terealisasi seperti itu, maka kami optimistis semua orang bisa memiliki rumah. Bahkan tidak ada lagi backlog 13,6 juta itu," kata Teguh.
(wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Tambahan Target Pajak Rp600 T Tak Realistis