Turunkan Harga Daging Sapi, Bulog Gelar Operasi Pasar

Senin, 13 Mei 2013 18:27 wib | Dina Mirayanti Hutauruk - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone) Ilustrasi. (Foto: Okezone) JAKARTA - Harga daging sapi di pasar masih dijual dengan harga Rp90 ribu per kilogram (kg). Oleh karena itu, pemerintah menugaskan Bulog untuk melakukan operasi pasar (OP), agar persediaan daging sapi menjelang lebaran dapat tercukupi.

"Bulog akan melakukan operasi pasar agar harga dapat diatasi dan persediaan terpenuhi menjelang lebaran," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa di kantornya, Jakarta, Senin (13/5/2013).

Hatta mengatakan, Bulog sangat dibutuhkan untuk menstabilkan harga daging sapi, agar para pedagang yang menggunakan makanan yang menggunakan bahan dasar daging dapat dibantu.

"Harga daging stabil tinggi yakni Rp91.200 per kg, ini harus kita tekan. Kasihan pedagang yang berbasis pada daging seperi bakso. Operasi pasar yang dilakukan oleh Bulog agar saat dibutuhkan ada persediaan," katanya.

Hatta mengatakan, operasi ini akan dilakukan secepatnya, sehingga spekulasi dari para pedagang turun, dan jumlah operasi pasar yang akan dilakukan Bulog tersebut akan dihitung oleh kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bulog Sutarto alimuso mengatakan, jenis daging yang akan diimpor adalah frozen, dan ini didatangkan dari Australia dan Selandia Baru. "Karena produsen daging sapi kan terbatas pada kedua negara tersebut," kata dia.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dengan Pasokan daging sapi tersebut, maka daging harus didatangkan pada awal Juni, agar tidak menghambat suplai menjelang puasa. "Dan dengan ini mestinya harus turun, idealnya Rp70-Rp80 ribu per kg," tukas dia. (mrt)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป