>

Penggunaan BBM untuk Listrik Ditargetkan Turun

Kamis, 23 Mei 2013 - 16:20 wib | Dani Jumadil Akhir - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

Penggunaan BBM untuk Listrik Ditargetkan Turun
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan asumsi penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) tahun ini turun dibanding tahun lalu.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman mengatakan, porsi penggunaan BBM di 2011 mencapai 22,95 persen. Sementara pada 2012, mengalami penurunan sebesar 14,95 persen.

"Di tahun ini kami ingin targetkan porsi penggunaan BBM hanya berkisar 10,87 persen untuk PLTD. Hal ini turun karena seiring pengembangan energi alternatif di dalam negeri," ungkap Jarman saat Rapat Dengar Pendapat (DPR) di DPR, Jakarta, Kamis (23/5/2013).

Jarman menjelaskan, meski secara persentase mengalami penurunan, namun porsi penggunaan BBM pada beban subsidi listrik tetap meningkatkan, khususnya bagi PLTD yang memakai BBM sebagai sumber energi.

"Apalagi minyak mentah rata-rata (Indonesia Crude Price/ICP) juga sudah diusulkan naik, dari USD100 per barel menjadi USD108 per barel," jelasnya.

Dia melanjutkan, penggunaan gas untuk pembangkit listrik kini telah mengalami peningkatan. Namun, peningkatan ini juga dibarengi dengan fluktuasi harga gas di dalam negeri.

"Meski penggunaan energi gas tidak signifikan peningkatannya, harga gas juga telah melesat naik. Secara persentase harga gas meningkat dari 14,4 persen menjadi 22,87 persen," tutup dia. (mrt)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pemegang Kartu ATM BRI Naik 59,8%