>

Menkeu: Ini 3 Sisi Kenaikan Harga BBM

|

Dina Mirayanti Hutauruk - Okezone

Menteri Keuangan Chatib Basri

Menkeu: Ini 3 Sisi Kenaikan Harga BBM
JAKARTA - Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, meski kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) berdampak pada inflasi, namun sangat penting jika dilihat dari tiga sisi. Yakni dari sisi fiskal, demi keadilan dan sisi neraca perdagangan.

"Makanya ini kebijakan kenaikan sangat penting, satu dari sisi fiskal, kedua demi keadilan, ketiga dari sisi neraca pembayaran," Ungkap Chatib Basri di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (31/5/13).

Dia mengatakan, aturan disparitas harga yang dilakukan Bank Indonesia (BI) dapat menekan agar inflasi tidak terlalu tinggi. Menurutnya, jika inflasi naik maka tekanan terhadap impor migas akan turun sehingga rupiah bisa menguat.

"Saya enggak berani ngomong, tapi nanti saya percaya, kalau inflasi naik pressure terhadap impor migasnya akan turun dan buat rupiah menguat." Ujarnya.

Chatib mengatakan, salah satu yang mendorong impor migas besar adalah disparitas harga yang membuat barangnya banyak diseludupkan dan dikonsumsinya lebih.

Maka menurutnya perlu dilakukan adjusment harga sehingga harga akan mahal dan konsumsi berkurang, disparitas mengecil sehingga penyelundupan menurun, serta kenaikan harga akan menyebabkan orang mencari alternatif lain untuk dikonsumsi. (wan) (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pertamina-BUMN Migas Angola Sepakat Kembangkan Bisnis