>

APBMI Gelar Aksi Mogok, Protes Monopoli Pelindo

|

Nugroho Setyabudi - Okezone

(Foto: Nugroho Setyabudi)

APBMI Gelar Aksi Mogok, Protes Monopoli Pelindo
SEMARANG – Sejumlah perusahaan bongkar muat yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia (APBMI) Jateng hari ini menghentikan operasionalnya, untuk menolak monopoli PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III.

Ketua APBMI Jateng Romulu Simangunsong mengatakan, aksi damai yang akan dilakukannnya tersebut juga telah mendapatkan dukungan dari delapan asosiasi lainnya yang tergabung dalam Forum Komunikasi Asosiasi Maritim (FKAM) Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Romulu mengatakan, aksi monopoli Pelindo III dalam melaksanakan kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Dalam Tanjung Emas mengancam keberadaan perusahaan bongkar muat yang ada. Jika hal ini dibiarkan, nantinya akan merambah pada jenis usaha kepelabuhanan lainnnya, seperti angkutan truk, EMKL, dan lainnya.

"Kami menunggu sampai otoritas pelabuhan menghentikan pekerjaan bongkar muat Pelindo III di Dermaga Pelabuhan Dalam. Apabila PT Pelindo III tidak menghentikan kegiatan bongkar muatnya, kami tetap akan melakukan aksi," tuturnya kepada wartawan, Senin (3/6/2013).

Namun demikian, APBMI Jateng menjamin kegiatan 'aksi damai' yang dilakukannya tersebut tidak akan mengganggu aktivitas bongkar muat ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, karena dilakukan di Dermaga Pelabuhan Dalam, yang tidak ada kegiatan bongkar muat barang ekspor impor di sana.

"Kami juga menjamin 'aksi damai' ini tidak akan mengganggu aktivitas ekspor impor di pelabuhan Tanjung Emas Semarang, karena itu menyangkut dunia internasional dan akan sangat berpengaruh pada citra Indonesia. Aktivitas bongkar muat ekspor impor tetap bisa melalui Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS)," tuturnya.

Ketua Gabungan Perushaan Ekspor Indoensia (GPEI) Jateng Eddy Raharto mengatakan pihaknya mengapresiasi aksi damai yang akan dilakukan oleh APBMI Jateng tersebut, karena telah berjanji aksinya tidak akan mengganggu aktivitas ekspor impor di Tanjung Emas Semarang.

"Kami apresiasi dan mendukung apa yang menjadi keresahan kawan-kawan APBMI untuk menuntut kesetaraan usaha dengan Pelindo III tersebut," tukasnya. (wan) (wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pengusaha Kakap Kelapa Sawit Kumpul di Bandung