Kenali Teknik Menata Bonsai

|

-

Ilustrasi (Foto: Corbis)

Kenali Teknik Menata Bonsai
JAKARTA - Sebelum memutuskan menghias taman di rumah dengan bonsai, ada baiknya Anda mengenal beberapa tips mengenai teknis menata tanaman kerdil tersebut. Hal ini penting mengingat bonsai bukan jenis tanaman yang dijual dengan harga murah, sehingga penataan yang sempurna sangatlah dibutuhkan.

Arsitek lanskap Helin Wibowo mengatakan, ada tiga ukuran tanaman bonsai yang biasa dipakai, yaitu miniatur, kecil, dan sedang. "Rata-rata miniatur bonsai tersebut memiliki tinggi sekitar 5 cm. Untuk bisa menikmati bonsai yang indah dan sempurna, biasanya dibutuhkan waktu lima sampai enam tahun," sebutnya.

Dia menambahkan, jika Anda menginginkan bonsai dengan bentuk tertentu, misalnya bonsai dengan model tegak lurus, tegak berliku, atau miring, tentu bakal membutuhkan waktu yang lebih panjang.

"Masing-masing bentuk bonsai memiliki tingkat kesulitan dan teknik tersendiri untuk merawatnya. Lantaran bentuknya yang susah itu, harga bonsai bisa mencapai ratusan juta rupiah," kata Herlin.

Sama halnya dengan harga yang berbeda-beda, masa tumbuh bonsai juga sangat bervariasi. Ambil contoh,untuk bonsai kecil yang memiliki tinggi antara 5-15 cm membutuhkan waktu tumbuh sekitar 5-10 tahun.

Sementara untuk bonsai berukuran 60 cm, waktu persiapannya sekitar tiga tahun. Herlin menjelaskan, tanaman bonsai dapat dikerdilkan dengan cara dipotong bagian akar dan rantingnya.

Kemudian pohon dibentuk dengan bantuan kawat di sisi ranting serta tunasnya. Kawat harus sudah diambil sebelum sempat menggores kulit ranting pohon tersebut. Pohon yang dibonsai umumnya berupa kayu, misalkan pohon beringin, pohon buah-buahan, atau bisa juga pohon yang berbunga.

Tanaman bonsai yang baik dapat menghias pekarangan luar Anda sepanjang tahun. Keartistikan suatu tanaman bonsai bisa dilihat dari keseimbangan ukuran batang, daun, ranting, bunga atau buah, dan pot yang digunakan. Wadah pot yang dipakai haruslah mendukung suasana pohon yang akan ditanam.

(Aprilia S Andyna/Koran SI)
(NJB)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Setahun Jadi BUMN, Ini Visi & Misi Inalum