>

Tunda Beli Rumah 3 Bulan, Harga Naik 5%

|

Nur Januarita Benu - Okezone

Ilustrasi (Sumber: bumn.go.id)

Tunda Beli Rumah 3 Bulan, Harga Naik 5%
JAKARTA - Bagi Anda yang berniat memiliki rumah dan sudah melakukan persiapan secara materi, sebaiknya jangan menunda untuk merealisasikan rencana tersebut. Sebab, menunda membeli rumah dalam waktu tiga bulan saja dapat mengakibatkan kenaikan harga rumah yang diincar, bahkan bisa mencapai sebesar lima persen.

Hal itu sebagaimana disampaikan Senior Vice President Division Head Mortgage and Secured Loan Personal Financial Services UOB, Juanita Amanda Luthan. Menurutnya, saat ini masyarakat memiliki kemudahan untuk membeli rumah, salah satunya dengan memanfaatkan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR). 

"Properti itu harganya tidak pernah turun. Dalam waktu tiga bulan saja harga rumah bisa naik lima persen. Coba saja dilihat pada rumah-rumah yang dijual pengembang, tiga bulan lalu harganya sudah beda dengan sekarang," kata Juanita di Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Dia mengatakan, saat ini bank sangat terbuka dalam memberi keterbukaan informasi. Baik mengenai suku bunga (fix and float), besaran cicilan, masa waktu kredit (tenor), maupun berbagai layanan yang bisa dimanfaatkan publik. Sehingga yang dibutuhkan adalah peran konsumen untuk aktif mencari informasi. 

"Dengan kecanggihan teknologi dan keterbukaan informasi saat ini, akan memudahkan masyarakat untuk menghitung sendiri berapa besaran cicilan yang harus ditanggungnya dan berapa persen penghasilan yang harus dia keluarkan," paparnya. 

Juanita menambahkan, ada dua faktor utama yang membuat orang menunda properti. Pertama adalah lokasi rumah tidak sesuai keinginan, dan kedua yaitu kemampuan finansial dari calon pembeli.

"Jika semakin menunda membeli rumah, maka akan semakin jauh juga nanti dapatnya. Yang sekarang bisa beli di Jakarta Selatan, karena ditunda malah dapatnya di Karawaci. Meski harga rumahnya mungkin sedikit lebih rendah, biaya lain-lainnya juga lebih besar, sama saja kan. Makanya jangan tunda-tunda lagi beli rumah saat ini," ujar dia. (nia)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Jumlah Miliarder Bertambah 2x Lipat Sejak Krisis 2008