>

Aturan DP KPR Diperketat, BTN & BNI Tak Masalah

|

Hendra Kusuma - Okezone

Ilustrasi (Sumber: bumn.go.id)

Aturan DP KPR Diperketat, BTN & BNI Tak Masalah
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memastikan akan merilis peraturan baru terkait Loan to Value (LTV) pada september mendatang. Aturan tersebut, disinyalir akan mengganggu peraturan yang sudah berlaku saat ini.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, peraturan baru mengenai LTV yang akan dirilis tak akan berpengaruh terhadap KPR BTN. Menurut Maryono, tidak terpengaruhnya lantaran KPR BTN tertuju hanya untuk kelas pertama dan menengah atas.

"Kita BTN itu kan untuk pembiayaan rumah pertama dan menengah up, naik sedikit, tidak terlalu pengaruh," ucap Maryono di Shangrila Hotel, Jakarta, Kamis malam.

Maryono menjelaskan, dengan BI yang akan merilis aturan baru mengenai LTV, dapat terbilang sebagai salah satu faktor untuk mendinginkan suasana pascakenaikan suku bunga (BI Rate).

"Tapi itu salah satu faktor mendinginkan suasana setelah BI Rate naik," tutupnya.

Senada dengan Maryono, Direktur Utama BNI Gatot Suwondo juga mengaku tak bermasalah dengan peraturan baru LTV yang akan di terapkan mulai September tahun ini.

"Kita enggak masalah, karena kita fasilitasi orang dengan tanpa harus dia buka bank banyak, kita tidak akan beri sesuatu yang di luar kemampuan dia. Kalau BNI untuk griya 30 persen. Rumah kedua iya, lihat capacity repairment-nya," ujar Gatot. (nia)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Penundaan Kenaikan Tarif ATM Menggembirakan Nasabah