>

Menkeu : Saat Ini Eksportir Mineral Tidak Berjalan

|

Fahmi Firdaus - Okezone

ilustrasi: foto (okezone)

Menkeu : Saat Ini Eksportir Mineral Tidak Berjalan
JAKARTA - Menteri Keuangan Chatib Basri mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia semester pertama 5,9 persen sampai dengan 6 persen, konsisten dengan Bank Indonesia (BI).

"Sejak APBN disampaikan saya sudah menyampaikan bahwa Kemenkeu memprediksi pertumbuhan ekonomi di semester I ada dalam kisaran 5,9 sampai 6 persen konsisten dengan BI, kita bicara pada 2013 ya, kita akan lebih terbuka," ungkapnya di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Saat ini, dirinya menjelaskan ekspor mineral tidak berjalan, karena bea masuknya tetap 20 persen tapi restriksi ekspor kuotanya dihilangkan. Sehingga eksportir akan lebih mudah. Menkeu menegaskan tidak akan ada perubahan dalam komitmen pemerintah mengenai hilirisasi sampai 2014 namun dalam proses ekspor akan menjadi lebih mudah.

Sementara terkait pemberian insentif yang dilakukan pemerintah, menurutnya saat ini pemerintah menargetkan budget defisit tetap di bawah 2,38 persen.

"Saya udah hitung pokoknya budget defisitnya tetap di bawah 2,38 persen, yang paling penting akhirnya apakah melampaui budget defisit yang kita targetkan atau enggak, pasti aman," tukas dia. (kie)
(wdi)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Puspayoga Targetkan Miliki Data Base Koperasi & UKM