Jumlah BPR Terus Berkurang, Ini Bukan karena Bangkrut

Senin, 26 Agustus 2013 15:05 wib | Rezkiana Nisaputra - Okezone

ilustrasi: (foto: Okezone) ilustrasi: (foto: Okezone) JAKARTA - Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) mencatat, hingga dengan bulan Juni tahun 2013, Jumlah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mengalami penurunan atau berkurang.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Perbarindo Joko Suyanto menjelaskan, semakin berkurangnya jumlah BPR tersebut menurutnya bukanlah karena faktor-faktor negatif terkait dengan bangkrutnya sebuah perbankan.

"Berkurangnya itu memang signifikan, tapi ini karena dimerger antar BPR. Waktu dulu itu di setiap kecamatan memang ada, kalau sekarang ini dimerger menjadi BPR tingkat Kabupaten. Begitu pula BPR Kabupaten yang menjadi Provinsi," ujar Joko saat ditemui disela-sela Seminar Nasional Perbarindo Tentang RUU Perbankan, di Novotel Hotel, Jakarta, Senin (26/8/2013).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, BPR yang berada di kawasan Jawa Timur, merupakan gabungan dari beberapa BPR di setiap kabupaten dan juga kecamatan. "Melihat hal seperti ini, bukan berarti berkurangnya BPR-BPR ini mengalami kebangkrutan semua. Ya meskipun ada beberapa BPR yang memang izinnya dicabut oleh Bank Indonesia," tukasnya.

Joko menilai, hingga saat ini peluang di bidang bisnis BPR sendiri masihlah sangat menjanjikan. Karena, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas seiring dengan perkembangan ekonomi yang cukup pesat.

"Ke depan bisnis BPR ini sangat positif, BPR benar-benar menjalankan konsep perbankannya khususnya di sektor kreditnya, karena kalau secara bisnis ini masih positif, UMKM itu masih sangat lebar peluangnya," tutup dia.

Sebagai informasi, BPR yang ada di seluruh Indonesia pada akhir tahun 2010 sebanyak 1.706 unit. Pada tahun 2011 jumlahnya menurun menjadi 1.669 unit. Dan tahun 2012 akhirnya jumlahnya kembali berkurang menjadi 1.653 unit, sedangkan pada bulan Juni 2013 menjadi 1.639 unit. (wan) (wdi)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA ยป