Kerja Lebih dari 40 Jam/Minggu, Supervisor Juga Terima Uang Lembur

|

Fakhri Rezy - Okezone

Ilustrasi. (Foto: Okezone)

 Kerja Lebih dari 40 Jam/Minggu, Supervisor Juga Terima Uang Lembur
JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menerapkan peraturan agar jutaan pekerja yang bekerja overtime harus dibayar lembur. Aturan tersebut baru akan diimplementasikan pada tahun 2015.

Selanjutnya, aturan mengarahkan karyawan yang sudah berada di level supervisor sebaiknya tidak lembur jika benar-benar tidak dibutuhkan. Pasalnya, pendapatannya sudah lebih dari USD455 per minggu. Demikian dilansir dari AP.
 
Obama juga berencana memerintahkan departemen tenaga kerja untuk merekomendasikan peraturan untuk menaikan gaji minimum dan mengubah definisi dari supervisor.

Perhatian Obama atas kebijakan lembur ini lantaran disparitas upah. Dia menegaskan, hal tersebut akan menjadi fokusnya selama sisa waktu dia menjabat.

Instruksi Obama tersebut harus tertuang dalam keputusan departemen tenaga kerja. Kebijakan ini pun diharapkan dapat dilakukan sebelum musim gugur.

Namun, hal itu menuai protes dari Partai Republik. Obama dinilai menghindari kongres. Aturan ini pun dinilai akan meningkatkan beban pengusaha.

Batas gaji untuk pekerja yang lembur tidak meningkat sejak tahun 2004, yakni USD455. Menurut aturan yang berlaku, uang lembur hatrus diberikan kepada pekerja yang sudah bekerja lebih dari 40 jam tiap minggunya.

Tapi, aturan tersebut mengecualikan eksekutif, manajer dan pekerja profesional. Artinya, mereka tidak dibayar kendati bekerja lembur.


(mrt)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pemerintah Lanjutkan Program KPR Rumah Tapak Bersubsidi