Menteri ATR Siapkan Permen untuk Angkat Juru Ukur Independen

\Menteri ATR Siapkan Permen untuk Angkat Juru Ukur Independen\
Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil tengah menyiapkan Peraturan Menteri (Permen) sebagai payung hukum pengangkatan Juru Ukur Independen.

"Sekarang juru ukur sedang disiapkan Permen sebagai dasar pengangkatan mereka sehingga bisa bekerja untuk laksanakan ukur itu," ujar Sofyan, di Kantor Menko Perekonomian, Selasa (20/9/2016).

Dia mengatakan, selain menyiapkan juru ukur, untuk mendukung percepatan sertifikasi tanah yang ditargetkan hingga 2019 mencapai 25 juta, Kementerian ATR juga mengangkat tim pengumpul data yuridis. (Baca juga: Setelah Surabaya, Kementerian ATR Bidik Tanah di Jakarta dan Batam)

"Sertifikasi tanahnya sendiri kan tahun ini 1,2 juta target, 2017 jadi 5 sampai 7 juta dan di 2019 itu 25 juta," kata Sofyan.

Sofyan mengaku, pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution tersebut tidak ada topik spesifik yang dibahas. Hanya saja lebih kepada sertifikasi dan reforma agraria yang dilakukan Kementerian ATR.

"Ngobrol informal saja, terkait sertifikasi tanah, reforma agraria, sambil makan martabak, enggak ada yang khusus," kata Sofyan.

(rzk)