Singapura-RI Jajaki Kerjasama Energi Hijau untuk Perkotaan Indonesia

\Singapura-RI Jajaki Kerjasama Energi Hijau untuk Perkotaan Indonesia\
Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Perusahaan yang berbasis di Singapura EDF Lab Singapura Ltd menjajaki kerjasama dengan Indonesia untuk pengembangan energi kota ramah lingkungan.

Menurut Sekretaris Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dadang Rukmana, kerjasama tersebut tidak menutup kemungkinan ditindak lanjuti untuk mempercepat realisasi elemen produktif dan efisien dalam pengelolaan energi. (Baca juga: TERPOPULER: 10% Orang Indonesia Cari Properti Lewat Internet)

"Namun peluang yang ada tersebut perlu dikaji jajaran BPIW secara mendalam, guna mengambil langkah berikutnya,” ujar Dadang seperti dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (21/9/2016).

Direktur EDF Lab Singapura Benjamin Mousseau mengatakan, penjajakan tersebut dilakukan karena pihaknya tertarik untuk melakukan kerjasama dengan Indonesia dalam pengembangan energi hijau untuk suatu kota atau kawasan.

"Kami telah berpengalaman melakukan kerjasama dengan berbagai pihak di dunia internasional, seperti melakukan perencanaan dan pemenuhan energi bandara di Eropa, melakukan diagnose, perencanaan, desain dan pemenuhan energi untuk kawasan perkotaan di China dan Singapura," tutur Benjamin. (Baca juga: Tracking Mangrove Dukung Program Kendari Menuju Green City)

Dadang menambahkan, saat ini BPIW telah mengembangkan konsepsi Kota Cerdas Berkelanjutan dengan memasukan kriteria empat elemen dasar, yakni kota itu harus aman, sehat dan berkeselamatan, kota itu harus estetik, bersih, berkarakter, nyaman, kota harus produktif dan efisien serta harus berkelanjutan.

(rzk)