Konstruksi Pencakar Langit 1 Kilometer di Arab Saudi Terhenti Sementara

\Konstruksi Pencakar Langit 1 Kilometer di Arab Saudi Terhenti Sementara\
Ilustrasi (CTBUH)

JEDDAH - Pembangunan gedung pencakar langit setinggi 1 kilometer, yakni Jeddah Tower di Arab Saudi dihentikan sementara tanpa alasan yang jelas.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah video yang diunggah di Youtube oleh akun bernama Checoblett, 4 September 2016.

Video tersebut menampilkan progres pembangunan proyek yang sebelumnya ini dinamai Kingdom Tower, sejak Maret 2014 hingga September 2016.

Dalam video tampak sejumlah crane masih berdiri kokoh baik di sekitar bangunan maupun yang berada di atas bangunan tersebut, namun video memperlihatkan tidak adanya aktifitas pekerja di proyek tersebut.

Hingga proyek tersebut terhenti untuk sementara, struktur menara baru mencapai 45 lantai dengan ketinggian 182 meter dari rencana 1.000 meter dengan 200 lantai.

Menurut The National, pembangunan tersebut tertunda karena masalah pendanaan dengan kontraktor Saudi Binladin Group.

Chief Development Officer Jeddah Economic Company Hisham Jomah mengatakan, dengan tertundanya proses konstruksi tersebut maka membuat penyelesaiannya mundur 12 bulan dari waktu yang direncanakan menjadi pada akhir 2019.

"Pada dasarnya ini masalah keuangan, sampai kita dapat pinjaman dari bank untuk memastikan arus kas kontraktor lebih stabil," ujar Hishman.

Pengembang menargetkan bahwa konstruksi setiap lantai dapat selesai setiap lima hari sekali.

Pembangunan pencakar langit dengan ketinggian struktur mencapai 1 kilometer itu bukanlah tanpa tantangan. Menurut Direktur Council on Tall Building and Urban Habitat (CTBUH) Sang Dae Kim, banyak kendala yang akan dihadapi terutama masalah struktural.

"Ada kendala untuk rekayasa strukturalnya terutama seputar kondisi angin dan juga masalah dengan lantai karena akan terjadi pemendekan kolom dari waktu ke waktu," kata Dae seperti dikutip dari Construction Week Online.

Kendati begitu, Dae mengatakan, bahwa pembangunan menara dengan ketinggian mencapai 1 kilometer bahkan 2 kilometer bukan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan, tapi memang banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. (fir)

(rhs)