Jokowi Minta Ekonom dan Asosiasi Jaga Pertumbuhan Ekonomi RI

\Jokowi Minta Ekonom dan Asosiasi Jaga Pertumbuhan Ekonomi RI\
Presiden Joko Widodo (Foto : Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para ekonom dan juga para asosiasi pengusaha memberikan pandangan serta sikap mengenai perkembangan ekonomi yang saat ini.

Jokowi menjelaskan, kondisi ekonomi dunia saat ini masih belum pulih dari berbagai macam gejolak. Hal pertemuan G20 di Hangzhou, China. Di mana, para petinggi-petinggi negara G20 belum menemukan jawaban yang konkret mengenai perkembangan ekonomi di negara-negaranya.

"Saya bertemu dengan IMF, Bank Dunia, OECD, semuanya tetap tahun ini masih pesimis bahwa pertumbuhan ekonomi dunia akan naik mereka malah sampaikan akan ada penurunan lagi. Ini saya kira berita yang tidak baik," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Tidak hanya perekonomian global, Jokowi juga mengingatkan perekonomian nasional yang sangat terdampak oleh perkembangan ekonomi dunia yang mana harga komoditas masih belum membaik.

Lanjut Jokowi, ketidakpastian kebijakan keuangan yang kalau jika dilihat juga masih belum jelas arahnya ke mana. Oleh karena itu, pada pertemuan G20 beberapa waktu yang lalu masih sangat optimis, seperti yang diungkapkan Narendra Modi.

"Saya ingin ambil poinnya dia, maksud saya kalau India berani optimis kenapa kita tidak tapi tetap pembenahan-pembenahan di dalam yang harus kita lakukan perombakan besar-besaran kalau tidak lakukan itu ya saya pastikan kita ditinggal," tandasnya.

(rai)