Rajin Bayar Pajak Kendaraan, Ikut Tax Amnesty Jadi Double?

\Rajin Bayar Pajak Kendaraan, Ikut Tax Amnesty Jadi Double?\
Ilustrasi: (Foto: Reuters)


JAKARTA - Dalam sebuah sesi tanya jawab sosialisasi tax amnesty, muncul sejumlah pertanyaan. Kebanyakan masih bingung dengan tata cara pelaksanaan tax amnesty.

Salah seorang peserta sosialisasi bertanya soal rumor pajak double yang beredar di media sosial.

"Banyak rumor di medsos, kalau belum mencantumkan kendaraan di SPT tapi rutin membayar pajak kendaraan, kalau ikut tax amnesty apa itu jadi double pajak?" tanya salah satu pegawai dalam sosialisasi tax amnesty di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Kepala Subdit Perencanaan dan Pemeriksaan Ditjen Pajak Tunjung Nugroho menjawab, harta yang perlu dilaporkan dalam tax amnesty tergantung penghasilan yang dipakai untuk memperoleh harta itu.

"Sering orang tanya, saya sudah bayar pajak mobil, tanah saya bayar rutin PBB, masa harus bayar tebusan tax amnesty," jawabnya.

Dia menyebut, yang menjadi dasar harta di amnesti pajak adalah penghasilan yang jadi objek pajak. Sehingga kendaraan mobil atau apartemen, jika dulu dibeli dari penghasilan yang belum dilaporkan dan dibayarkan pajaknya, itu yang diikutkan ke tax amnesty.

"Kalau penghasilan untuk beli semua itu sudah bayar pajaknya, itu enggak masalah. Di tax amnesty enggak ada namanya pajak ganda," tambahnya.

(rzy)