Orang Tua Kaya Raya Tapi Tak Punya NPWP, Haruskah Ikut Tax Amnesty?

\Orang Tua Kaya Raya Tapi Tak Punya NPWP, Haruskah Ikut Tax Amnesty?\
Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sudah banyak sosialisasi tax amnesty yang dilakukan pemerintah. Namun nyatanya masih saja banyak pertanyaan dari masyarakat mengenai tax amnesty.

Misalnya pada sosialisasi tax amnesty yang dilakukan di hadapan pegawai Pemerintah Kota DKI Jakarta. Salah satu peserta bertanya mengenai orang tuanya yang memiliki harta namun tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

"Bagaimana dengan orang tua, punya harta tapi enggak punya NPWP, apa yang harus dilakukan dengan harta itu apa masuk objek tax amnesty apa tidak?" tanya salah satu peserta dalam sosialisasi, Kamis (22/9/2016).

Kepala Subdit Perencanaan dan Pemeriksaan Ditjen Pajak Tunjung Nugroho menjawab, orang tua yang menjadi objek pajak adalah yang penghasilannya atau pensiunannya di atas Pendapatan Tidak Kena Pajak (PTKP) atau di atas Rp4,5 juta.

"Orang tua, pensiunan, yang jadi subjek pajak sama dengan UU perpajakan, subjek pajak orang pribadi yang penghasilan di atas PTKP, kalau badan dia otomatis jadi wajib pajak. Kalau orang pribadi wajib SPT, laporkan harta kalau di atas PTKP," kata dia.

"Tax amnesty sama, kalau di atas Rp4,5 juta per bulan jadi objek pajak amnesti, Yang dilihat apa orang tua di 2015 di atas PTKP atau tidak, kalau tidak, tidak wajib lapor, tidak akan dilakukan pengecekan hartanya," tukasnya.

(rzy)