BI Sudah Longgarkan Kebijakan, Suku Bunga Kredit Baru Turun 0,5%

\BI Sudah Longgarkan Kebijakan, Suku Bunga Kredit Baru Turun 0,5%\
Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia kembali melonggarkan kebijakannya dengan menurunkan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7-day RR Rate) sebesar 25 bps dari 5,25 persen menjadi 5 persen. Bahkan BI sudah menurunkan BI Rate sebesar 100 bps dan Giro Wajib Minimum sebesar 125 bps.

Namun ternyata, pelonggaran yang dilakukan BI ini tidak direspon cepat oleh industri perbankan. Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan meski BI sudah melonggarkan kebijakannya, suku bunga kredit baru turun sekira 52 bps atau 0,5 persen.

"Kebijakan moneter yang diambil BI sudah ada penurunan 100 bps, GWM 125 bps, namun yang kita lihat penurunan bunga deposit sudah mencapai 100 bps, sedangkan penurunan bunga kredit lebih lambat dibanding dengan deposit, baru turun 52 bps," kata Agus di Gedung BI, Kamis (22/9/2016).

Agus mengakui, saat ini kondisi pertumbuhan kredit masih tersendat. Hal ini sebagai dampak dari masih lesunya pertumbuhan ekonomi dunia. Agus bilang, permintaan kredit dalam negeri masih cenderung rendah.

"Kalau lihat kredit memang kredit itu tumbuhnya masih terbatas dan itu yang utama lebih karena peran permintaan, dan pengaruh lemahnya ekonomi dunia," tukasnya.

(rzy)