7 Day Repo Rate Jadi 5%, Pasar Kian Bergairah

\7 Day Repo Rate Jadi 5%, Pasar Kian Bergairah\
Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) telah memutuskan untuk memangkas suku bunga acuan, 7 Day Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 5 persen. Keputusan ini diambil setelah Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve memutuskan untuk menahan Fed Fund Rate.

Menanggapi hal ini, Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Rafas mengatakan bahwa kebijakan ini akan memberikan stimulus bagi pasar. Khususnya adalah pasar uang di Indonesia yang diprediksi akan semakin bergairah.

"Gairah. Itu akan menyebabkan gairah. Loosening rate ini, di bidang moneter ini akan memperbaiki supply di pasar uang semakin bergairah, bagus," ujarnya di Belitung, Kamis (22/9/2016).

Menurutnya, kebijakan ini memang akan memberikan dampak pada penurunan suku bunga kredit perbankan, termasuk untuk Bank Mandiri. Namun, bukan berarti suku bunga perbankan otomatis dapat turun dalam waktu singkat. Pasalnya, banyak faktor yang harus dilihat untuk dapat menurunkan suku bunga kredit perbankan.

"Itu salah satu faktor ya. Tapi sumber pendanaan bank kan enggak selalu di situ. Penurunan ini memberikan signal karena cocok juga dengan turunnya inflasi dan juga DPK yang mebanjiri perbankan, jadi supply dan dana akan lebih banyak. Cocok move-nya," tutupnya.

(dni)