Gubernur BI: Peluang Pelonggaran Moneter Terbuka hingga Awal 2017

\Gubernur BI: Peluang Pelonggaran Moneter Terbuka hingga Awal 2017\
Ilustrasi: (Foto: Okezone)

 JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyebut peluang untuk melonggarkan kebijakan moneter masih terbuka hingga awal tahun 2017. Mengingat indikator makroekonomi Indonesia mengarah ke level positif.

"Sikap kami tetap dalam kondisi easing. Kami melihat kondisi longgar akan tetap berjalan sampai akhir tahun ini bahkan hingga awal 2017," papar Gubernur BI, Agus Martowardojo di Gedung BI Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Pelonggaran moneter juga dilakukan hari ini. Dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada 21-22 September 2016 memutuskan untuk menurunkan BI 7-day Reverse Repo Rate (BI 7-day RR Rate) sebesar 25 bps dari 5,25 persen menjadi 5 persen.

"Terkait dengan ruang pelonggaran moneter, hari ini terlihat bahwa memang ada ruang pelonggaran dan kami konsisten dengan pernyataan bulan lalu," katanya.

Menurutnya, penerapan pelonggaran moneter tetap mengacu pada dinamika pembahasan RAPBN 2017 antara pemerintah dan DPR yang terkait pertumbuhan ekonomi, subsidi dan realisasi program amnesti pajak.

"Secara umum kami masih mengamati. Kalau semua indikator makroekonomi terjaga, maka kami tetap masih dalam kondisi easing," tukasnya.

(rzy)