Kondisi Ekonomi RI Dinilai Sangat Rentan untuk Perbankan

\Kondisi Ekonomi RI Dinilai Sangat Rentan untuk Perbankan\
Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Suku bunga kredit saat ini masih menjadi salah satu perhatian utama dari pemerintah dan Bank Indonesia (BI). Pasalnya, meskipun BI telah berulang kali menurunkan suku bunga acuan, namun perbankan masih enggan untuk menurunkan suku bunga kredit secara signifikan.

Pada satu sisi, bank memang butuh suku bunga rendah untuk meningkatkan jumlah penyaluran kredit kepada masyarakat. Namun, pada sisi lainnya, demi keuntungan jangka pendek, bank juga tampak masih memilih untuk mempertahankan suku bunga di atas ekspektasi pemerintah.

Kendati demikian, melihat keadaan ekonomi Indonesia saat ini, perbankan memang harus segera menurunkan suku bunga acuannya. Pasalnya, apabila bersikukuh untuk mempertahankan suku bunga kredit dalam level double digit, maka hal justru akan membahayakan bagi kesehatan perbankan itu sendiri.

"Kondisi fundamental ekonomi sekarang ini sangat rentan dan berisiko buat bank untuk menyalurkan kredit yang mahal," kata Ekonom Maybank Indonesia Myrdal Gunarto kepada Okezone belum lama ini.

Untuk itu, lanjutnya, agar kredit dapat meningkat, maka mau tidak mau bank juga harus menurunkan suku bunga kredit. Perbankan pun juga harus melihat dampaknya secara jangka panjang bagi pertumbuhan bisnis internal maupun bagi ekonomi masyarakat secara lebih luas.

"Perbankan butuh bunga yang lebih rendah buat penyaluran kredit dengan kualitas lebih bagus," tutupnya.

(rzy)