Pasar Saham Asia Kembali Bertenaga Berkat The Fed

\Pasar Saham Asia Kembali Bertenaga Berkat The Fed   \
Ilustrasi indeks Asia. (Foto: Reuters)

SINGAPURA - Pasa saham Asia dibuka mengalami kenaikan, seiring positifnya kinerja Wall Street. Penguatan tersebut tidak terlepas dari langkah The Federal Reserve mempertahankan suku bunga mereka tidak berubah dan mengangkat harga komoditas.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang, .MIAPJ0000PUS, menguat 0,9 persen untuk keenam kalinya dan hanya berada 1,1 persen dari level tertingginya satu tahun pada awal bulan ini. Sementara pasar saham Australia naik 0,9 persen dan pasar saham Korea Selatan KOSPI, .KS11, naik 1 persen.

"Pasar mendapat apa yang diharapkan. Sentimen lain bagi pasar adalah pertemuan Bank of Japan," jelas ahli strategi investasi senior di BNP Paribas Investment Partners, Daniel Morris, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (22/9/2016).

Meski mempertahankan tingkat suku bunga, namun The Fed tetap memberikan sinyal menaikkan suku bunga pada akhir tahun jika pasar tenaga kerja membaik lebih lanjut. Investor merasa pengetatan kebijakan moneter akan menjadi yang terbaik.

Dolar naik setinggi 101,71 yen per USD setelah pengumuman BOJ, yen berhasil mengambil kembali keuntungan yang sempat hilang setelah pergeseran kebijakan BOJ. Dolar Indeks DXY, yang melacak greenback terhadap sekeranjang enam mata uang utama, tergelincir 0,2 persen menjadi USD95,462 per yen Jepang.

Bank sentral lain berjuang untuk menaikkan inflasi adalah Reserve Bank of New Zealand. Mereka pun berjanji untuk menurunkan suku lagi agar ekonomi domestik dapat tumbuh dengan cepat.

(mrt)
  • techno user Kimi
    Kimi • 6 hari lalu
    Ruang kerja profesional dimanapun Anda butuhkan, untuk membantu Anda tetap produktif saat bekerja bergerak. Lenere Virtual & Service Office siap menjadi jawabannya.
    Beri Tanggapan