8 Emiten Baru Siap Masuk ke Pasar Saham Sebelum 2017

\   8 Emiten Baru Siap Masuk ke Pasar Saham Sebelum 2017   \
BEI. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hingga saat ini tercatat baru ada 11 emiten anyar yang merealisasikan pencatatan saham perdana alias initial public offering (IPO). Ditambah satu emiten delisting yang kembali mencatatkan sahamnya (relisting).

Angka tersebut tentu masih jauh dari target yang telah ditetapkan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) sebanyak 25 emiten baru. Padahal target tersebut juga telah direvisi dari sebelumnya yang ditetapkan 35 emiten baru.

Namun, Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat menegaskan, bahwa saat ini sudah ada delapan emiten baru dalam pipeline yang siap melakukan IPO tahun ini.

"Kan sekarang sudah 12, ada di papan 8, jadi sudah 20 untuk equity. Kalau obligasi yang nyatetin lumayan banyak tahun ini," tuturnya di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Samsul mengatakan, untuk rising fund dari IPO equity atau pencatatan saham emiten sudah mencapai Rp9,9 triliun. Sementara untuk listing obligasi hingga akhir tahun bisa mencapai Rp100 triliunan.

Samsul juga mengungkapkan, kedelapan calon emiten tersebut berasal dari berbagai sektor, seperti ritel, finansial dan properti. Emiten baru tersebut dipastikan akan melakukan IPO tahun ini. "Harusnya tahun ini, karena memakai buku (laporan keuangan) paling lama Juni," pungkasnya.

(mrt)