6 Bangunan Terjelek di Dunia

\6 Bangunan Terjelek di Dunia\
Foto: elledecor

LONDON - Sejumlah desainer tentunya sudah tahu bahwa ada beberapa ide rancangan yang tampak lebih baik di atas kertas daripada diwujudkan dalam dunia nyata.

Untuk alasan itu, Building Design, sebuah website arsitektur asal Inggris menyelenggarakan penghargaan Carbuncle Cup, yang merupakan penghargaan terhadap bangunan paling buruk setiap tahun.

Tahun ini situs tersebut menobatkan Lincoln Plaza yang memiliki 31 lantai sebagai bangunan dengan desain paling buruk yang seharusnya tidak dibangun. Hal serupa juga diadakan oleh Elle Decor, berikut adalah 7 bangunan paling jelek di dunia, seperti dilansir Sabtu (24/9/2016).

1. M16 Building, Inggris

 

Markas dari Dinas Intelijen Rahasia Inggris atau British Secret Intelligence Service ini menjadi bangunan dengan desain paling jelek di dunia.

2. Zizkov Television Tower, Republik Ceko

 

Menara pemancar di Praha, Republik Ceko ini dinobatkan juga sebagai bangunan dengan desain terburuk oleh Elle Decor. Tampak aneh adalah ketika Anda melihat patung-patung bayi yang merangkak di fasad dari menara 700 kaki ini.

3. Experience Music Project, Amerika Serikat

 

Bangunan ini dirancang oleh arsitek Frank Gehry yang merupakan sebuah museum untuk musik rock, di Washington, Amerika Serikat. Banyak yang menganggap bangunan ini tampak jelek.

4. Morris A. Mechanic Theater, Amerika Serikat

 

Bangunan ini pernah dirobohkan oleh Dewan Kota Baltimore, meski begitu bangunan ini tetaplah menjadi bangunan yang dipandang terjelek. Reruntuhannya mencapai 1 ton. Hal yang paling buruk adalah ketika bangunan ini pernah diabaikan selama 10 tahun.

5. Aoyama Technical College, Jepang

 

Alih-alih menyerupai karakter dalam film Transformer, justru bangunan salah satu perguruan tinggi di Jepang ini dipandang tidak menarik. Menurut situs dari universitas, bangunan ini terdiri dari beberapa elemen arsitektur seperti penangkal petir dan penampung air.

6. J. Edgar Hoover Building, Amerika Serikat

 

Ini merupakan markas FBI yang telah diselesaikan pada 1974 yang menelan biaya konstruksi hingga USD126 juta atau setara dengan Rp1,6 miliar (kurs Rp13.162) yang memecahkan rekor tersendiri menjadi bangunan paling mahal yang dibangun pemerintah pada masa itu. Namun pada 2006, American Institute of Architects menulis bahwa bangunan itu terkesan angkuh dan menjadi pengganggu lingkungan.

(rzk)