Perusahaan Switching Tak Hanya untuk Bank BUMN

\Perusahaan Switching Tak Hanya untuk Bank BUMN\
Ilustrasi : Okezone

TANJUNG PANDAN - Pembentukan perusahaan switching saat ini masih terus diupayakan oleh Himpunan Bank-bank Negara (Himbara). Pembentukan perusahaan switching ini nantinya dapat berdampak pada semakin rendahnya biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh perbankan.

Namun, meskipun dibentuk oleh Bank BUMN, layanan dari perusahaan switching ini juga dapat dimanfaatkan oleh bank swasta lainnya. Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Nafas mengatakan, perusahaan switching ini memang dibentuk untuk memberikan jasa secara lebih luas kepada perbankan di dalam negeri.

"Bank BUMN menyediakan, nanti siapa saja bisa ikut. Kita menjadi visa dalam negeri," ujarnya di Belitung, Jumat (23/9/2016)

Rencana pembentukan perusahaan switching ini nantinya juga akan memperkuat kedudukan bank nasional. Terutama setelah adanya holding BUMN.

Perbankan di Indonesia pun dinilai siap untuk bersaing dengan bank yang lebih besar. Khususnya adalah bank swasta yang telah memiliki reputasi unggul di Asia.

"Jadi bank swasta bank apa mau ikut, kan itu infrastruktur, boleh saja. Nanti sudah enggak patungan lagi kalau sudah holding, karena kan itu manfaatnya untuk semua. Nah kalau untuk bayar visa internasional mungkin enggak bayar saya nantinya," tutupnya.

(rai)