Agar Karier Tetap Maju meski Tanpa Promosi

\Agar Karier Tetap Maju meski Tanpa Promosi\
Karier tetap maju (Foto: Popular)

KETIKA karier Anda mandek di situ-situ saja. Saat kesempatan promosi tak kunjung datang menghampiri Anda. Maka Anda akan begitu ambisius, mengejar bos untuk menayakan soal kenaikan jabatan. Namun, saat sang manajer memberi jawaban yang kurang memuaskan, Anda menjadi gusar. Anda merasa sudah bekerja dengan baik dan menorehkan prestasi gemilang sehingga pastas diganjar penghargaan yang layak.

Padahal promosi seseorang bukan hanya berdasarkan prestasi seseorang saja. Bisa jadi perusahaan memutuskan untuk tidak memberi promosi pada pegawai menengah atau junior karena memang tidak ada posisi lowong yang tersisa. Sebab, organisasi perusahaan Anda begitu gemuk dan pegawai senior yang menduduki posisi manajer masih aktif bekerja dan belum saatnya pensiun.

Anda harus menenangkan diri dulu. Jika Anda merasa belum ada titik terang pada kemajuan karier, simaklah enam tips yang dikutip dari forbes.com berikut ini agar Anda tetap bisa mengembangkan diri dan terus melangkah maju.

Tunjukkan hasil kerja yang luar biasa

Banyak orang yang menuntut promosi tanpa menunjukkan bahwa dirinya lebih baik daripada pegawai lain. Padahal, kalau ingin mendapat nilai yang baik, Anda harus bekerja keras untuk mendapatkannya. Hasil kerja yang bagus saja tidak cukup. Anda harus membuat prestasi yang luar biasa supaya selalu diingat oleh manajer.

Salah satu caranya misalnya mengerjakan laporan mingguan dengan baik untuk bos Anda. Pastikan pekerjaan Anda tepat, akurat dan tak ada kesalahan. Lalu, tambahkan analisa dari data laporan yang berujung kesimpulan dan saran untuk kemajuan proyek di masa mendatang.

Jadilah pelajar yang hebat

Salah satu kunci kesuksesan adalah belajar hal baru dengan cepat dan berkelanjutan. Dengan demikian keterampilan Anda menjadi lebih berkembang. Kemampuan yang beragam bisa menjadi modal Anda untuk pindah divisi atau perusahaan yang menawarkan kesempatan promosi lebih besar.

Melihat kesempatan promosi di divisi lain

Setelah Anda punya modal keterampilan yang beragam, sekarang coba selidiki lingkungan kerja di divisi lain yang mungkin membuka kesempatan promosi lebih besar. Jika Anda yakin untuk pindah departemen, maka mulailah lengkapi pengetahuan dan kemampuan yang relevan untuk mendukung pekerjaan Anda kelak. Ketika sudah yakin akan kemampuan diri, silahkan minta mutasi pada bos Anda.

Ini adalah salah satu langkah besar yang bisa Anda pilih untuk bisa mendapatkan promosi. Sebab, terkadang perburuan kesempatan promosi membutakan Anda akan kesempatan yang ada di divisi lain. Anda seperti bergulat untuk membuka pintu yang terkunci, padahal pintu lain di ruangan sebelah terbuka lebar.

Pindah tempat kerja

Salah satu alasan seseorang pindah kerja adalah untuk mendapatkan kesempatan naik jabatan. Bisa jadi Anda adalah pegawai terbaik, namun perusahaan tempat bekerja yang memiliki organisasi yang gemuk di bagian atas. Sehingga, sebaik apapun pekerjaan yang telah dilakukan, Anda tetap tidak bisa mendapat promosi karena posisi manajer sudah penuh.

Jadilah bos

Bukalah pikiran Anda lebih luas lagi. Jika Anda kesulitan mendapat promosi di kantor dan tidak ada tawaran pekerjaan menarik di perusahaan lain, kenapa Anda tidak menjadi bos untuk diri sendiri? Anda bisa merintis usaha sesuai dengan bidang Anda. Dengan begitu, Anda sudah membuat kemajuan dari pegawai biasa yang selalu diperintah atasan menjadi bos yang mengatur pergerakan roda usaha.

Tinggalkan kata “promosi”

Promosi bisa diartikan sebagai kenaikan posisi dalam hirarki perusahaan. Kenaikan jabatan itu juga diiringi dengan kewenangan lebih dan beban tanggungjawab yang lebih besar. Selain itu, Anda juga akan mendapat peningkatan gaji dan tunjangan.

Jika Anda tidak kunjung mendapatkan promosi tapi belum berani melangkah keluar divisi, pindah perusahaan atau membuat bisnis sendiri, maka tinggalkan saja dulu keinginan naik jabatan. Anda bisa mengambil pekerjaan lebih banyak dan tanggungjawab lebih besar pada pekerjaan yang sekarang. Jika Anda bisa melakukannya dengan baik, tentu akan mendapat penghargaan yang layak berupa bonus atau bahkan kenaikan gaji. Anda memang tidak naik jabatan, titel tidak berubah, tapi pendapatan meningkat. Cerdik bukan?

Ingatlah untuk selalu membuka pikiran Anda. Promosi bukan satu-satunya jalan menuju karier yang lebih baik. Hal yang paling penting bukan sekadar kenaikan pangkat tetapi pengembangan diri dan profesionalitas Anda.

(tty)