7 Kartini Indonesia Masa Kini, Siapa Saja Mereka?

\7 Kartini Indonesia Masa Kini, Siapa Saja Mereka?\
Ilustrasi: (Foto: Reuters)

SELAMAT Hari Kartini!

Siapa tak mengenal sosok RA Kartini? Perjuangan beliau untuk kaum perempuan Indonesia pada tahun 1912, yakni dengan mendirikan sekolah wanita pertama di Indonesia, menjadi hal patut yang disyukuri. Kini setiap tanggal 21 April dijadikan hari bersejarah untuk mengenang jasa pahlawan wanita Indonesia Raden Adjeng (RA) Kartini. Atas segala perjuangan dan pengorbanan Kartini membela hak wanita Indonesia guna mendapatkan pendidikan yang layak dan perlakuan adil.

Jasa Beliau untuk wanita Indonesia, tidak hanya membuat beliau dikenal sebagai sosok pahlawan yang memperjuangkan emansipasi wanita, tetapi juga sosok menginspirasi berbagai generasi wanita di Indonesia.

Kartini, tidak hanya pintar dan menginspirasi. Kegigihannya mewujudkan impiannya agar kaum perempuan Indonesia bisa bersekolah dan mendapatkan pendidikan setara dengan pria patut diapresiasi dan dijadikan teladan bagi kita semua.

Sosok wanita cerdas, pemberani dan menginspirasi seperti RA Kartini juga bisa ditemui dari sosok-sosok wanita pilihan berikut ini:

Baca Juga : Kata-Kata Inspiratif dari 7 Orang Sukses yang Pernah Gagal

1. Sri Mulyani

“Perempuan muncul sebagai kekuatan utama untuk perubahan! Negara-negara yang telah berinvestasi dalam pendidikan untuk perempuan dan menghapus hambatan hukum yang mencegah wanita dari mencapai potensi mereka sekarang melihat manfaatnya.” - Sri Mulyani

Sri Mulyani, wanita kelahiran Bandar Lampung 26 Agustus 1962, kini menjabat sebagai Menteri Keuangan. Prestasi besar sebelumnya, ia menjabat sebagai Direktur Bank Dunia (World Bank) periode Juni 2010 hingga Juli 2016. Sebelumnya, Sri Mulyani menjabat sebagai menteri keuangan di tahun 2005 pada era pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Nama Sri Mulyani berhasil melejit karena pemikiran dan strategi ekonominya mampu membawa perekonomian Indonesia tetap stabil walaupun pada saat itu dunia sedang mengalami krisis ekonomi berat pada tahun 2008. Tindakan heroik ini menjadikan Beliau sebagai wanita paling berpengaruh di dunia ke-23 versi majalah Forbes dan Menteri Keuangan Terbaik di Asia versi majalah Emerging Markets pada tahun 2008.

Namun dibalik segala jasa yang telah dilakukannya, Beliau terseret kasus pencairan dana Bank Century. Sosok yang bersahaja ini disudutkan habis-habisan oleh pemerintah mengenai pemberian izin pencairan dana sebanyak Rp6 triliun. Posisinya terancam, Ia berusaha memberikan alasan dan pembelaan namun tidak berhasil. Akhirnya Sri Mulyani mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri keuangan akibat tekanan dari segala pihak, ditambah citra dirinya sedang buruk dimata masyarakat Indonesia akibat kasus bank Century.

Justru saat Sri Mulyani dilanda keterpurukan dan tak dipercaya pemerintah Indonesia, Bank Dunia (World Bank) malah menawarinya posisi tinggi bekerja di World Bank sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia (Managing Director of World Bank). Hal ini menjadikan Ibu Sri sebagai wanita pertama dari Indonesia dan dunia yang menjabat posisi di World Bank. Ia pun berhasil menjadi wanita paling berpengaruh di dunia ke-38 pada tahun 2014 versi majalah Forbes.

2. Susi Pudjiastuti

“Bekerja keras adalah bagian dari fisik, bekerja cerdas merupakan bagian dari otak, sedangkan bekerja ikhlas ialah bagian dari hati.” - Susi Pudjiastuti

Wanita yang terkenal karena gaya dan perilakunya yang cukup nyentrik ini adalah Menteri Kelautan dan Perikanan di Indonesia. Wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965 ini mulai menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan setelah presiden Joko Widodo secara langsung memilihnya pada tahun 2014.

Masa lalunya terbilang berbeda, saat kelas 2 SMA, Susi terpaksa dikeluarkan dari sekolah akibat keaktifannya di gerakan golput. Sejak saat itu, ia memutuskan tidak melanjutkan pendidikan sekolah dan memilih untuk berbisnis. Susi berusaha mengumpulkan modal bisnis sendiri sebesar Rp750.000 dengan cara menjual seluruh perhiasan yang dimilikinya untuk menjadi pengepul ikan di daerah tempat tinggalnya. Bisnisnya terus berkembang hingga akhirnya Beliau juga berhasil mendirikan Maskapai Penerbangan SUSI AIR yang sekarang bernama, PT. ASI Pudjiastuti Aviation.

Untuk bisa menunaikan tugasnya sebagai menteri dengan baik, ia harus rela melepas semua jabatan sebagai presedir di perusahaannya sendiri. Tak mudah menjabat sebagi Menteri, gayanya yang unik dan nyentrik menjadi sorotan kritikan publik. Ia dianggap tidak sanggup menjalankan tugasnya sebab hanya lulusan SMP.

Namun, ia adalah sosok wanita berkarakter yang tegas dan berani. Gaya kepemimpinannya tidak ragu mengambil langkah ekstrim demi menjaga dan melindungi sumber daya laut di Indonesia. Salah satu tindakan heroik yang pernah dilakukan oleh Ibu Susi adalah peledakan kapal-kapal negara lain yang secara ilegal memancing di perairan di Indonesia. Hal ini sempat menjadi sensasional sampai seorang komikus senior terkenal di Jepang, menggambar sosok Ibu Susi di salah satu komiknya dan mengatakan bahwa Beliau adalah Menteri paling keren di Asia.

3. Angkie Yudistia

"Ketika saya keluar dari zona nyaman, setidaknya saya bisa merasakan dan memaknai hidup saya” - Angkie Yudistia

Angkie Yudistia akhir-akhir ini menjadi sosok yang banyak dibicarakan di banyak media masa. Wanita kelahiran Medan, 5 Juni 1987 ini adalah seorang CEO dan Founder untuk perusahaanya sendiri bernama Thisable Enterprise yang menjadi rumah untuk para penyandang disabilitas yang juga ingin sukses menjadi seorang pengusaha.

Angkie Yudistia divonis oleh dokter menjadi tunarungu saat umur 10 tahun, berita ini tentu menjadi mimpi buruk bagi seorang Angkie remaja pada saat itu. Angkie akhirnya menjadi susah bermain dengan teman-teman seumurannya karena kesulitan dalam berkomunikasi dan harus menggunakan alat pendengaran kemana-mana. Angkie bisa saja tumbuh menjadi sosok yang susah bersosialisasi dan tidak percaya diri karena menjadi seorang difabel sejak kecil.

Namun, berkat dorongan semangat dari keluarga dan tekadnya yang kuat untuk tetap meneruskan pendidikannya membuat Angkie justru mampu meraih berbagai prestasi yang dikira banyak orang akan sulit dicapai oleh seorang difabel. Berkat segala prestasi yang telah diraihnya Angkie berhasil menjadi sosok yang menginspirasi bagi semua orang menyadang difabel, bahwa kekurangan yang dimiliki tidaklah menjadi halangan untuk meraih kesuksesan dibidang apapun.

4. Tri Rismaharini

“Tidak usah berpikir asal dan siapa orang tua kalian, kalian layak berhasil karena tuhan itu adil." - Tri Rismaharini

Lebih dikenal dengan Ibu Risma, Beliau lahir di Surabaya, 20 November 1961 dan menjadi Walikota Surabaya wanita yang pertama pada tahun 2011. Kini Ibu Risma lanjut menjabat di periode keduanya sebagai walikota Surabaya. Sosok beliau yang tegas, rendah hari dan merakyat menjadikan pemimpin perempuan teladan bagi banyak orang.

Gaya kepemimpinan Ibu Risma yang jujur dan transparan membuat banyak pihak merasa dirugikan. Ibu Risma mendapatkan tekanan dimana-mana di pemerintahan yang memaksa Ibu Risma untuk mengundurkan diri namun Ibu Risma tidak peduli dan yakin pada pendiriannya untuk tetap menjalani tanggung jawabnya sebagai walikota.

Puncaknya pada tanggal 31 Januari 2011, DPRD Surabaya melaporkan walikota Surabaya ini ke Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi untuk menurunkan Ibu Risma dari jabatannya dengan alasan melanggar peraturan dari Permendagri dan menyalah gunakan kekuasaanya. Namun, usulan itu ditolak karena tidak cukup bukti dan data yang kuat.

Selama dibawah pimpinan beliau, kota Surabaya banyak mengalami perubahan yang positif. Tata lingkungan yang lebih rapi dan bersih. Membuat Ibu Risma mendapatkan berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi Adipura 4 tahun berturut-turut dari tahun 2011-2014. Tidak hanya itu Beliau juga berhasil menempati posisi ketiga sebagai walikota terbaik di dunia oleh The City Mayor Foundation melalui website resminya www.worldmayor.com pada tahun 2014.

Baca Juga : 7 Kebiasaan Tidak Membuat Anda Kaya yang Harus Dihindari

5. Anne Avantie

“Kebahagiaan itu bukan hadiah dari langit. Tapi sebuah perjuangan yang harus terus diperjuangkan sampai akhir nafas.”- Anne Avantie

Desainer kebaya kondang ini lahir di Semarang, 20 Mei 1954. Tidak hanya sukses sebagai desainer, beliau juga terkenal karena berbagai kegiatan sosialnya yang telah banyak membantu orang-orang yang kekurangan agar dapat meraih kesuksesan yang sama dengannya.

Hidup Ibu Anne dulu tidaklah sesukses sekarang. Lahir di keluarga yang memiliki banyak anak membuat Ibu Anne harus bisa hidup dengan segala kekurangan. Beliau adalah anak ke-22 dari 24 bersaudara, dengan banyaknya tanggungan yang dimiliki orang tua Anne, Beliau harus rela tidak bisa melanjutkan pendidikan sampai ke perguruan tinggi, dan terpaksa harus puas hanya dengan menjadi lulusan SMP.

Walaupun begitu Ibu Anne tidak berkecil hati. Ibu Anne yang dari kecil sudah tertarik dengan dunia Fashion memulai karirnya sebagai tukang jahit, dan secara autodidak Ibu Anne berhasil merancang kebayanya sendiri dan mulai beralih profesi menjadi seorang desainer kondang. Hasil karyanya telah sampai ke mata dunia. Sampai sekarang kebaya hasil desain dari Ibu Anne tetap menjadi kebaya termahal di Indonesia.

Walaupun dengan latar pendidikan yang tidak tinggi, Ibu Anne sukses membutikan kepada banyak orang bahwa kesuksesan yang diraihnya murni karena skill dan sifat tidak pantang menyerahnya dalam menjalani pekerjaannya.

Kesuksesan yang diraih oleh Ibu Anne tidak semata-mata membuat dia menjadi gelap mata, beliau justru banyak bekerja sama dengan banyak pihak guna membangun lembaga masyarakat yang bisa membantu orang-orang yang kurang beruntung baik dari segi pendidikan atau fisik untuk bisa mendapatkan kesempatan yang sama dengan orang lain dalam mencari pekerjaan. Kesuksesan, prestasi dan menjadi inspirasi bagi banyak orang tentu membuat seorang Anne Avianti pantas menjadi teladan wanita Indonesia.

6. Sri Wahyuni Agustiani

“Persiapan tim Tiongkok dan Indonesia sebenarnya sama saja. Yang belum dimiliki tim Indonesia hanya keberanian dan keyakinan untuk mengalahkan mereka." - Sri Wahyuni

Sri Wahyuni Agustiani atau yang lebih dikenal dengan Yuni adalah atlet wanita kelahiran Bandung, 13 Agustus 1994 yang berhasil memenangkan medali perak pada Olimpiade Musim Panas tahun 2016 di Brasil. Ini adalah kedua kalinya Sri Wahyuni berhasil membawa medali perak di Olimpiade olahraga level internasional setelah sebelumnya dia berhasil meraih posisi medali perak pada Asian Games tahun 2014. Yang lebih membanggakan lagi, Yuni adalah atlet wanita angkat beban pertama yang berhasil memberikan medali perak kepada Indonesia untuk cabang olahraga angkat beban.

Yuni lahir di keluarga sederhana, namun darah olahragawan mengalir kuat di keluarganya. Ayah Yuni adalah atlet lari jarak jauh untuk level kabupaten, sehingga tidak heran lagi jika Yuni juga memiliki keinginan menjadi seorang atlet seperti ayahnya. Sejak usia 13 tahun, Yuni telah banyak meraih penghargaan di bidang angkat besi. Seperti banyak yang diketahui Yuni memiliki cacat di mata sebelah kanannya membuat dia hanya bisa melihat menggunakan mata kirinya saja.

Mengabaikan kekurangan yang dimiliki, Yuni tetap terus berlatih dan maju sebagai atlet angkat besi. Perjuangan Yuni akhirnya terbayar setelah berhasil menorehkan prestasi luar biasa untuk Indonesia dengan terus mengharumkan nama Indonesia di mata dunia, dan menjadi atlet yang banyak dijadikan tauladan bagi semua orang. Selain itu Yuni juga memiliki pribadi yang ramah dan rendah hati, ketika dia belum bisa memberikan medali emas untuk Indonesia, dia hanya tersenyum dan menyatakan mungkin memang belum waktunya dia memegang medali emas.

7. Merry Riana

“Seorang wanita juga bisa melakukan apa yang bisa dilakukan oleh seorang pria." - Merry Riana

Siapa yang tidak kenal lagi dengan sosok Merry Riana, wanita kelahiran Jakarta 29 Mei 1980 ini adalah seorang pengusaha, motivator dan penulis terkenal di Indonesia. Namanya semakin melejit saat Film yang diadaptasi dari bukunya berhasil menembus angka Box Office untuk film Indonesia.

Menjadi korban dari Kerusuhan 1998, Merry Riana yang pada saat itu masih berusia 18 tahun harus rela terpisahkan dari keluarganya, karena dikirim oleh ayahnya sendiri ke Negara Singapura bertujuan melindungi dia dari kerusuhan yang terjadi pada saat itu. Dengan jumlah uang yang sangat terbatas, Merry harus bisa bertahan hidup di negara orang seorang diri. Merry Riana memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di salah satu Universitas di Singapura demi bisa mendapatkan tempat tinggal yaitu asrama di tempat dia kuliah.

Segala hal pun mulai dia lakukan, agar bisa tinggal dan hidup layak di Singapura. Dia rela menjalani lebih dari 2 pekerjaan sekaligus agar bisa memenuhi seluruh kebutuhannya selama dia tinggal di Singapura sekaligus membayar uang semester kuliah dan mencicil utangnya pada universitas. Mampu menyeimbangkan waktu antara kerja dan kuliah telah mencerminkan bahwa Merry Riana adalah sosok pekerja keras dan pantang menyerah.

Berkat pengalaman hidupnya, Merry Riana pun terbentuk menjadi sosok yang berani dan tegas. Kepribadiannya ini mendorong dia menjadi pengusaha yang sukses dan berhasil. Pada usia 26 tahun, Merry Riana berhasil menyadang predikat miliader muda Indonesia karena kesuksesannya sebagai seorang pengusaha, penulis sekaligus motivator.

Menjadi Kartini untuk Diri Sendiri

Tanamkan sifat seorang Kartini pada diri Anda. Kartini yang cerdas, pemberani dan yakin akan semua yang dilakukannya menjadi sifat positif yang bisa dicontoh. Apapun profesi Anda saat ini, lakukan segalanya dengan usaha yang maksimal dan tidak mudah menyerah ketika halangan datang. Yakinlah seluruh kerja keras Anda akan terbayar dengan hasil yang membanggakan dan tanpa diketahui Anda juga bisa menginspirasi orang-orang disekitar Anda.

(rzy)
TAG : masa
Live Streaming
Logo

Glossary

  • Abuse of Process

    Suatu aksi yang memboroskan waktu atau yang menggannggu, misalnya mengajukan kembali suatu perkara yang sudah diputuskan oleh pengdilan yang berwenang adalah pemakaian hak sewenang-wenang. Pengadilan itu dapat tinggal diam atau membubarkan aksi yang demikian.

  • Akuisisi

    Penggabungan badan usaha dengan cara menguasai sebagian besar saham badan usaha lain. Dengan akuisisi, dua atau lebih badan usaha tersebut tetap eksis secara hukum dan badan usaha yang menguasai saham paling besar menjadi induk perusahaan yang harus menyajikan laporan keuangan konsolidasi. Jadi, pada prinsipnya saham atau aset dari suatu perusahaan dibeli atau diambil alih oleh pihak lain baik perusahaan atau perorangan.

  • Agen Penjual

    Perusahaan Efek yang ditunjuk sebagai agen untuk menjual saham baru kepada masyarakat.

  • Afiliasi

    Hubungan keluarga karena perkawinan dan keturunan sampai derajat kedua, baik secara horisontal maupun vertikal. Hubungan antara pihak dengan pegawai direktur atau komisaris dari pihak tersebut. Hubungan antara perusahaan dengan pihak yang secara langsung atau tidak langsung mengendalikan, dikendalikan, atau di bawah suatu pengendalian dari perusahaan tersebut atau, Hubungan antara perusahaan dengan pemegang saham utama.

  • Agio

    Nilai yang dimaksudkan ke dalam modal sendiri yang berasal dari selisih harga jual dikurangi nilai pari suatu emisi saham yang berasal dari dalam portepel dan dicatat di dalam akun (rekening) tersendiri yang juga bernama AGIO.

  • Aktiva Tidak Berwujud (Intangible Asset)

    Aktiva nonmoneter yang dapat diidentifikasi dan tidak memiliki wujud fisik serta dimiliki untuk digunakan dalam menghasilkan barang atau jasa, disewakan kepada pihak lainnya, atau untuk tujuan administratif.

  • Bad Faith

    Pada umumnya ialah yang bertalian dengan fraud yang sebenarnya atau yang direncanakan, atau maksud untuk menipu atau memalsu; suatu kelalaian atau penolakan dengan sengaja untuk memenuhi suatu kewajiban atau utang. An act in bad faith adalah suatu tindakan yang tidak dipenuhi oleh suatu kekhilafan yang jujur atau karena tidak mengetahui, akan tetapi oleh suatu motif yang jahat atau yang mementingkan diri sendiri.

  • Balance Sheet

    Suatu pernyataan mengenai aktiva dan pasiva sesuatu perusahaan pada suatu waktu tertentu, seperti yang dibedakan dari suatu income statement, yakni yang memberi laporan tentang apa yang telah terjadi selama suatu jangka waktu.

  • Batasan Pada Jaminan Nasabah

    Nilai maksimum dari Efek dan atau saldo kredit yang dapat ditahan oleh Perusahaan Efek sebagai jaminan penyelesaian pesanan terbuka dan kewajiban nasabah lainnya yang tidak termasuk kewajiban dalam Rekening Efek Marjin.

  • Batasan Pada Jaminan Nasabah

    Nilai maksimum dari Efek dan atau saldo kredit yang dapat ditahan oleh Perusahaan Efek sebagai jaminan penyelesaian pesanan terbuka dan kewajiban nasabah lainnya yang tidak termasuk kewajiban dalam Rekening Efek Marjin.

  • Biro Administrasi Efek

    Pihak yang berdasarkan kontrak dengan Emiten melaksanakan pencatatan pemilikan Efek dan pembagian hak yang berkaitan dengan Efek.

  • Book-Entry Settlement

    Penyelesaian Transaksi dilakukan dengan mendebit dan mengkredit Efek pada rekening kustodian.

  • Blue Chip

    Saham blue chip atau blue chip Stocks, merupakan saham biasa dari suatu perusahaan yang memiliki reputasi tinggi, sebagai leader di industri sejenis, memiliki pendapatan yang stabil dan konsisten dalam membayar dividen.

  • Brexit

    Brexit alias British Exit adalah pristiwa kala Inggris meninggalkan zona Uni Eropa

  • Cabotage

    Asal mulanya dari bahasa Prancis, yakni pelayaran melalui pantai seperti yang dibedakan dari pelayaran atau perdagangan samudra. Sekarang dalam dunia pengangkutan udara, adalah operasi-operasi dalam negeri berlainan dengan operasi internasional.

  • Capital, Invested

    Suatu istilah yang kadang-kadang dipakai untuk menggambarkan jumlah uang tunai dan aktiva yang dibayarkan ke dalam suatu perusahaan plus semua surplus yang diperoleh yang dikembalikan kepada perusahaan itu. Jadi, ia adalah suatu sinonim untuk the net worth daripada suatu perusahaan. Biasa juga disebut dengan istilah Kapital yang ditanam.

  • Capital, Equity

    Suatu istilah untuk bagian dari dana yang dipakai dalam suatu perusahaan yang telah ditanamkan atau diinvestasikan oleh para pemiliknya, bukan yang dipinjamkan oleh para kreditur. Secara bebas diartikan, suatu surat efek, seperti saham biasa, yang mewakili kepemilikan dalam suatu perusahaan.

  • Calon Perusahaan Tercatat

    Perseroan Terbatas yang telah mengajukan surat permohonan pencatatan Efeknya di Bursa.

  • Capital Asset Pricing Model (CAPM)

    Suatu teori penetapan harga aktiva dimana tingkat pengembalian dari aktiva atau surat berharga tersebut adalah sebesar tingkat bunga bebas risiko ditambah dengan faktor penyesuaian sebesar risk premium dikalikan dengan risiko sistematik aktiva tersebut.

  • Capital Gain

    Keuntungan yang diperoleh karena perbedaan antara harga beli dan harga jual suatu efek. Apabila perbedaan tersebut bersifat negatif (rugi) disebut capital loss.

  • Conflict of Interest (benturan kepentingan)

    Perbedaan antara kepentingan ekonomis perusahaan dengan kepentingan ekonomis pribadi direktur, komisaris, atau pemegang saham utama perusahaan.

  • Cash flow

    Biasa di sebut aliran kas, merupakan sejumlah uang kas yang keluar dan yang masuk sebagai akibat dari aktivitas perusahaan. Dengan kata lain, aliran kas yang terdiri dari aliran masuk dalam perusahaan dan aliran kas keluar perusahaan serta berapa saldonya setiap periode.

  • Capital Expenditure (capex)

    Atau pengeluaran modal, adalah investasi dalam bentuk asset atau infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang diperlukan untuk memberikan, memperluas dan atau meningkatkan kualitas layanan public. Nilai buku asset akan disusut (depresiasi) selama umur ekonomisnya yang wajar (kecuali tanah).Yang termasuk Capex antara lain : pembangunan atau pembelian jaringan, server dan PC, perangkat lunak, bangunan, dan tanah.

  • Date of Exportation

    Hari tanggal barang dagangan meninggalkan suatu negara menurut kenyataannya. Pemungut bea biasanya menganggap atau menetapkan harga pasar barang-barang yang diekspor itu sebagai harga pada hari yang tertentu itu.

  • Default (Kelalaian)

    Kekhilafan atau kelalaian untuk melaksanakan atau memenuhi suatu kewajiban atau utang; kelalaian untuk memenuhi suatu utang bilamana sudah habis temponya; terutama yang di bawah kontrak. Misalnya saja kelalaian melakukan pembayaran promisory note, obligasi atau hipotek atau suatu dividen, atau pembayaran bunga atas suatu obligasi atau surat efek lainnya, bilamana sudah habis temponya.

  • Daftar Hasil Kliring Netting (DHK Netting)

    Dokumen elektronik hasil Kliring secara Netting yang dilakukan oleh KPEI yang berisikan hak dan kewajiban setiap Anggota Bursa Efek yang timbul dari Transaksi Bursa yang terjadi di Pasar Reguler dan Pasar Tunai.

  • Daftar Hasil Kliring Netting (DHK Netting)

    Dokumen elektronik hasil Kliring secara Netting yang dilakukan oleh KPEI yang berisikan hak dan kewajiban setiap Anggota Bursa Efek yang timbul dari Transaksi Bursa yang terjadi di Pasar Reguler dan Pasar Tunai.

  • Daftar Kurs Efek (DKE)

    Daftar Kurs Efek (DKE) daftar harian yang diterbitkan bursa efek yang memuat keterangan tentang efek yang tercatat, kurs efek, volume, nilai dan frekuensi transaksi, tawaran beli jual, indeks harga saham dan lain-lain yang berkaitan dengan transaksi bursa.

  • Daftar Kurs Efek (DKE)

    Daftar harian yang diterbitkan bursa efek yang memuat keterangan tentang efek yang tercatat, kurs efek, volume, nilai dan frekuensi transaksi, tawaran beli jual, indeks harga saham dan lain-lain yang berkaitan dengan transaksi bursa.

  • Depresiasi

    Atau penyusutan, adalah alokasi jumlah suatu aktiva yang dapat disusutkan sepanjang masa manfaat yang diestimasi. Penyusutan untuk periode akuntansi dibebankan ke pendapatan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

  • Debt Ratio

    Merupakan total utang berbanding total aset. Rasio ini mengukur seberapa banyak aset yang dibiayai oleh hutang. Misalnya, rasio hutang 30 persen artinya, 30 persen dari aset dibiayai oleh hutang. Rasio hutang bisa berarti buruk pada situasi ekonomi sulit dan suku bunga tinggi, dimana perusahaan yang memiliki debt rasio yang tinggi dapat mengalami masalah keuangan, namun selama ekonomi baik dan suku bunga rendah maka dapat meningkatkan keuntungan.

  • Eased Off

    Suatu istilah yang dipakai di bursa efek dan komoditi apabila hal itu menunjukkan suatu reduksi atau pengurangan dalam harga-harga itu secara berangsur dan kecil.

  • Earning Asset

    Suatu istilah yang dipakai untuk investasi tertentu yang dibebani bunga modal dan yang diselenggarakan atau dikuasai oleh The Unitede Federal Reserve Banks. Investasi yang demikian dapat berupa uang kertas bank-bank anggota yang terjamin, uang yang didiskontokan untuk bank-bank anggota dan untuk federal reserve banks lainnya, bermacam-macam surat-surat wesel, dan dengan syarat-syarat tertentu, obligasi Amerika Serikat, sertifikat-sertifikat dan surat-surat utang.

  • Efek

    Surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek.

  • Efek

    Surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek.

  • Efek Beragun Aset Arus Kas Tetap

    Efek beragun aset arus kas tetap efek beragun aset yang memberikan hak kepada pemegangnya menerima pembayaran dengan jadwal tertentu, walaupun jadual pembayaran tersebut dapat berubah karena keadaan tertentu.

  • Efek Beragun Aset Arus Kas Tidak Tetap

    Efek beragun aset yang memberikan hak kepada pemegangnya untuk menerima pembayaran secara bersyarat dan dalam jumlah yang tidak tetap.