• Penyerapan BBM bersubsidi jenis pertalite hingga tanggal 11 September 2022 telah mencapai 20 juta kilo liter. Sementara, untuk penyerapan BBM bersubsidi jenis solar telah mendekati 12 juta kilo liter. Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman menyatakan penyerapan BBM bersubsidi tersebut dipastikan masih stabil.

    14 September 2022
  • Organisasi Perburuhan Internasional atau ILO, mengatakan jumlah orang yang dipaksa masuk kedalam bentuk perbudakan modern, karena kemiskinan, dan krisis lainnya telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. ILO mengatakan angka kasus perbudakan modern bertambah menjadi sekitar 50 juta.

    14 September 2022
  • Perajin tahu di Desa Matenggeng, Dayeuhluhur, Cilacap, Jawa Tengah, memilih berhenti berproduksi karena tidak sanggup membiayai produksi dampak dari kenaikan BBM. Kenaikan biaya produksi tahu tidak sebanding dengan harga jual tahu di pasaran. Perajin tahu khawatir jika tingginya biaya produksi tidak segera ditangani, usaha pembuatan tahu terancam gulung tikar. Kontributor: Heri Susanto

    13 September 2022
  • Rencana pemerintah membeli minyak dari Rusia disambut baik pengamat energi Alpha Research Institute Ferdy Hasiman. Pembelian minyak dari Rusia diakui akan memberikan keuntungan sendiri bagi Pertamina, dengan mendapatkan diskon yang besar, di tengah harga minyak dunia yang tengah meningkat tajam.

    13 September 2022
  • Menteri Keuangan Menkeu Sri Mulyani Indrawati meminta semua pihak untuk mewaspadai pergerakan harga minyak dunia yang masih fluktuatif. Menteri Sri Mulyani mengungkapkan, naiknya harga BBM sebesar 30 persen sudah cukup untuk mengimbangi kenaikan harga minyak dunia.

    13 September 2022
  • Dampak kenaikan harga BBM yang sangat dikeluhkan para nelayan di Tangerang. Harga solar yang saat ini dinilai tinggi, membuat para nelayan tidak bisa menjangkau lokasi ikan. Bahkan, harga jual ikan saat ini menurun drastis.

    13 September 2022
  • Menteri Perhubungan, mengklaim pemerintah telah mendengarkan seluruh pihak sebelum memutuskan menaikkan tarif ojol. Budi Karya Sumadi menilai wajar jika tarif ojol mendapatkan respon beragam, keputusan tersebut mungkin tidak menyenangkan semua pihak dan kenaikan tarif ojek online Ini mendapat sambutan positif dari sisi pengguna maupun pengendara. Menteri Perhubungan sekaligus juga menyinggung terkait fee yang selama ini dipotong oleh operator kini turun dari 20% menjadi 15%.

    13 September 2022
  • Direktur Utama PT Pertamina Persero, Nicke Widyawati mengungkapkan upaya untuk menahan harga pertamax, dilakukan agar perbandingan dengan harga pertalite tidak terlalu jauh. Meski harga bahan bakar minyak jenis pertamax sudah naik dari Rp12.500 per liter menjadi Rp14.000 per liter, Pertamina mengaku masih jual rugi jenis BBM Ron 92 tersebut.

    13 September 2022
  • Kenaikkan harga BBM nonsubsidi juga berimbas kepada pengemudi taksi online. Para driver pun meminta pemerintah untuk menaikkan tarif taksi online seperti yang diberlakukan terhadap ojek online yang resmi telah dinaikan tarifnya. Para driver mengaku belum ada penyesuaian tarif sama sekali sejak 2018. Saat ini tarif batas atas sebesar Rp3.500 sampai Rp6.500 per kilometernya. Kenaikan harga bbm nonsubsidi juga membuat pendapatan para pengemudi semakin berkurang. Kontributor: Iyungrizki

    13 September 2022
  • Ratusan warga Kota Ende terpaksa mengantre untuk mendapatkan minyak tanah. Hal ini dikarenakan kelangkaan minyak tanah yang terjadi sepekan ini. Warga mengantre untuk membeli minyak tanah terjadi di Kelurahan Mautapaga, Kecamatan Ende Timur. Sejak dua hari terakhir, penjualan minyak tanah yang terpusat di Kelurahan dan Desa se-Kabupaten Ende. Ini sesuai instruksi Dinas Perindustrian dan Perdagangan menindak lanjuti sikap DPRD Komisi II untuk menghindari monopoli pembelian. Warga juga dibatasi setiap warga hanya bisa mendapatkan lima liter. Meski dibatasi pembeliannya masih ada warga yang tidak kebagian minyak tanah. Kontributor : Joni nura

    13 September 2022
  • Pemerintah mengklaim semestinya harga BBM mengalami kenaikan sejak awal Tahun 2022, seiring lonjakan harga minyak pada pertengahan tahun lalu. Langkah pemerintah yang menunda kenaikan harga BBM ini, disebabkan pemerintah ingin berfokus pada pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

    12 September 2022