nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2.589 Karyawan Alfa Mundur

sindo, Jurnalis · Minggu 06 April 2008 10:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2008 04 06 19 97970 lQv90GoRhT.jpg

JAKARTA - Sekira 60 persen karyawan PT Alfa Retailindo Tbk (ALFA) secara resmi mengundurkan diri pascaakuisisi 75 persen saham perseroan oleh peritel asal Prancis, PT Carrefour Indonesia. Hingga akhir Maret, tercatat sebanyak 2.589 karyawan dari total 4.327 karyawan Alfa memilih tidak ikut bergabung.

"Setelah pengambilalihan saham perseroan pada 21 Januari 2008 lalu,sejumlah karyawan menyatakan diri untuk tidak ikut bergabung lebihlanjut dengan kami," papar CorporateSecretary Alfa Retailindo Surjadi Budiman dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Minggu (6/4/2008).

Dia mengatakan, menghadapi kondisi tersebut, perseroan telah merekrut karyawan pengganti sehingga operasional perusahaan tidak sampai terganggu.

Anggota Komisi VI DPR Hasto Kistrianto mengatakan, hal tersebut menunjukkan bahwa diakuisisinya Alfa direspons negatif oleh karyawannya. Dalam konteks demokrasi ekonomi, dia menilai bahwa akuisisi tersebut semakin mengukuhkan dominasi Carrefour di industri ritel dalam negeri.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Djimanto mengatakan, kasus pengunduran diri karyawan Alfa merupakan hal yang biasa dalam dunia bisnis.

(hsp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini