Share

Loetan: Ada Dana Hibah yang Belum Dicatatkan APBN

Mochammad Wahyudi, Jurnalis · Rabu 21 Mei 2008 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2008 05 21 20 111033 MYsR9LAZhR.jpg
JAKARTA - Sekretaris Menteri Negara PPN/Sekretaris Utama Bappenas Syahrial Loetan tidak menyangkal tuduhan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas penerimaan dana hibah Bappenas dari berbagai negara yang belum dicatatkan pada APBN 2007.

Ketika dikonfirmasi, Loetan mengakui hal itu. Namun, dia berharap permasalahnnya hanya masalah teknis, karena waktu pencairan yang berbeda dengan siklus APBN.

"Memang, ada dana hibah yang belum dimasukkan dalam APBN. Tidak ada yang kita sembunyikan, itu hanya masalah perbedaan waktu pencairan saja," kata Loetan, kepada wartawan di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (21/5/2008).

Dia juga menambahkan, bahwa sebetulnya, saat mengadakan reformasi keuangan, Bappenas menegaskan kepada BPK bahwa pemasukan dan pengeluaran bisa ditelusuri oleh BPK.

Tetapi, dana hibah yang diterima Bappenas dari berbagai negara, maupun lembaga multilateral lainnya mempunyai sarat yang sangat beragam. Salah satunya persaratan itu tidak boleh dimasukkan dalam APBN.

"Seperti hibah dari USAID, dia juga tidak mau dimasukkan dalam APBN," katanya, tanpa menjelaskan kenapa hibah USAID tidak mau dimasukkan dalam APBN.

(hsp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini