Share

BPK Bantah Tak Bukukan Dana Hibah

Nuria , Jurnalis · Kamis 05 Juni 2008 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2008 06 05 20 115883 qmxPPGubz9.jpg

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) membantah bahwa lembaganya itu tidak melaporkan dana hibah dari Autralia dan Swedia. Pasalnya, meskipun dana hibah itu berupa technical assistance, BPK telah melaporkannya ke Departemen Keuangan.

"Kita sudah melaporkan pada laporan keuangan 2007, " ujar Kepala Biro Humas BPK Dwika Pradana dalam konferensi pers, di Gedung BPK, Jakarta, Kamis (5/6/2008).

Dia mengatakan, kejadian ini bisa terjadi akibat pemerintah tidak punya sistem keuangan yang baik. Sehingga, terdapat laporan keuangan yang tidak masuk dalam pembukuan.

Dwika juga menyayangkan sikap Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Departemen Keuangan Hekinus Manao yang tiba-tiba langsung menyatakan tuduhan seperti itu tanpa konfirmasi. "Padahal 26-27 Mei BPK dengan Menkeu dan jajarannya telah mengadakan pertemuan, dan mengaku tidak ada masalah. Kok Hekinus jadi kebingunangan," ujarnya.

Menurut Dwika, Hekinus kurang paham tugas BPK sebagai pemeriksa pengeloaan dan penanggung jawab keuangan negara. "Yang dilaporkan BPK sesuai fakta dan standar pemeriksaan," katanya.

Dia juga membantah tuduhan Hekinus yang mengatakan, ada oknum auditor BPK yang kurang beres dan minta dana perjalanan dinas. "Saya tadi malam telpon Hekinus, dan dia tidak bisa menyebutkan orangnya. Jadi pendapat Hekinus tidak tepat baik secara proporsional maupun profesional," ungkapnya.

(hsp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini