nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Butuh 400 Pilot Setiap Tahun

Arif Dwi Cahyono, Jurnalis · Kamis 28 Agustus 2008 17:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2008 08 28 19 140860 wdEdubTkGd.jpg

JAKARTA - Industri penerbangan nasional setiap tahunnya membutuhkan sebanyak 400 orang pilot. Kebutuhan itu akan terus meningkat seiring bertambahnya jumlah pesawat yang didatangkan sejumlah airlines.

Kepala Badan Diklat Dedi Darmawan mengatakan, produksi sekolah penerbang yang dikelola swasta saat ini rata-rata hanya 20 orang, sehingga tahun 2009 diperkirakan angka produksi penerbang sudah mencapai titik imbang.

Dengan demikian, airlines nasional tidak perlu lagi mengirim tenaga penerbangnya ke luar negeri untuk dididik menjadi pilot. "Produksi kita di Sekolah Tinggi Penerbang Indonesia/STPI sebanyak 200 orang dengan kemampuan produksi per tahun 400 orang. Selebihnya diberikan kesempatan kepada swasta," kata Dedi usai menandatangani perjanjian kerjasama pendidikan pilot antara Badan Diklat Dephub dengan PT Bali Widya Dirgantara (BWD) dan International Airlines Training Academy (IATA), terkait dengan upaya untuk memenuhi kebutuhan pilot dalam negeri di Jakarta, Kamis (28/8/2008).

Hingga saat ini, hampir semua negara yang industri penerbangnya sedang bangkit membutuhkan tenaga pilot. Krisis tenaga pilot ini menjadi pemicu terjadinya pembajakan pilot dari satu airlines ke airlines yang lain dengan iming-iming gaji lebih besar.

(ade)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini