Citigroup Diperkirakan Butuh Dana USD10 Miliar Lagi

Ade Hapsari Lestarini , Jurnalis · Sabtu 02 Mei 2009 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2009 05 02 277 215994 1htJvfdxzY.jpg Foto: corbis

WASHINGTON - Bank AS Citigroup diperkirakan membutuhkan dana hingga USD10 miliar untuk pembiayaan baru setelah pemerintahan Barack Obama melakukan stress test terhadap bank tersebut.

Adapun dana tersebut merupakan dana tambahan selain USD45 miliar untuk Citigroup yang telah diterima dari pemerintah AS sejak tahun 2008.

"Bank ini, seperti juga bank lainnya, berusaha bernegosiasi dengan bank sentral (Federal Reserve) apakah pihak regulator menerima argumen yang disampaikan oleh pihak bank mengenai kesehatan keuangannya," demikian dilaporkan The Wall Street Journal, seperti dilansir dari AFP, Sabtu (2/5/2009).

Pemerintah AS sendiri baru akan menungkapkan hasil stress test Citigroup pada 7 Mei mendatang. Hasil untuk Citigroup tersebut bersamaan dengan hasil 19 bank besar yang berada di AS yang telah menerima bantuan publik untuk mengatasi krisis finansial global. Hasil tes ini akan diumumkan setelah penutupan pasar yang ditutup pada 7 Mei mendatang.

Selain itu, hasil tes ini akan diumumkan oleh Federal Reserve dan beberapa pihak regulator lainnya sebagai permintaan dari Departemen Keuangan AS.

Menurut sebuah sumber dari kalangan pemerintahan, tes tersebut akan mengungkapkan informasi secara keseluruhan soal bank ini secara detail. Pemerintah AS sendiri memiliki 36 persen saham di Citi setelah diikuti oleh pinjaman dan saham yang telah dikonversi.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini