Bernard Madoff Dihukum 150 Tahun

Nurfajri Budi Nugroho, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2009 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2009 06 30 277 234130 yYO6evuJ5z.jpg Madoff saat keluar dari mobilnya di pengadilan Manhattan, 12 Maret lalu (AP)

NEW YORK - Bernard Madoff, pengusaha dan mantan kepala dari bursa saham Nasdaq, dijatuhi hukuman 150 tahun penjara. Penipu investasi terbesar itu mendapatkan hukuman maksimal atas kejahatan luar biasa di Wall Street.

Para investor yang termakan tipuan Madoff bersorak gembira dan bertepuk tangan ketika hakim membacakan putusannya.

Sebaliknya, Madoff (71), berdiri pasrah dengan tangan mendekap di pinggangnya. Dia pun tak bereaksi ketika mendengar putusan yang akan mengantarnya menghabiskan hidup di balik jeruji besi.

Madoff telah dipenjara sejak dia dituntut bersalah atas 11 kejahatan, termasuk penipuan saham, pencucian uang, dan bersumpah palsu pada Maret lalu.

"Ini adalah pesan yang disampaikan bahwa kejahatan Tuan Madoff adalah luar biasa," ujar Hakim Distrik AS Denny Chin yang menolak permohonan hukuman 12 tahun, dikutip dari Reuters, Selasa (30/6/2009).

Madoff mulai membangun firma Wall Street, Bernard L Madoff Investment Securities LLC pada 1960, dan menjadi direkturnya hingga 11 Desember 2008, setelah ia ditahan dan didakwa dalam kasus tersebut.

Dia menjalankan kejahatannya yang dikenal dengan skema Ponzi selama beberapa dasawarsa, dan menipu para penanam modal untuk berinvestasi miliaran dolar AS yang digunakannya untuk membayar pengembalian fiktif. Nilai penipuannya diperkirakan mencapai USD61 miliar.

(jri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini