Share

BPS : Elnino Tidak Pengaruhi Lonjakan Inflasi

Ahmad Nabhani , Okezone · Minggu 02 Agustus 2009 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2009 08 02 20 244241 5DhnHO48TM.jpg kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Rusman Heriawan

JAKARTA - Memasuki musim kemarau panjang (el nino), dipastikan tidak mempengaruhi lonjakan inflasi secara besar-besaran. Pasalnya, pemerintah telah melakukan antisipasi dan persiapkan suplai stok beras.

"Musim elnino tidak berdampak buruk inflasi yang besar," kata kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Rusman Heriawan saat dihubungi okezone di Jakarta, Minggu (2/8/2009).

Follow Berita Okezone di Google News

Menurutnya, musim el nino tidak mempengaruhi lonjakan inflasi yang berarti. Pasalnya, berdasarkan pengalaman tahun lalu ancaman musim kemarau tidak membawa lonjakan inflasi. Kalau pun ada pengaruhnya tidak signifikan.

Kata Rusman, el nino yang mengancam puso bagi petani tidak terlalu menggangu pasokan beras nasional. Karena pemerintah sudah mempersiapkan stok beras 1,5 juta ton. Ia pun tidak menampik, secara psikologis elnino memberikan dampak negatif bagi kenaikan harga beras, tapi tidak besar.

†Pengaruh el nino dipastikan tidak membawa pengaruh lonjakan inflasi besar," tandasnya.

Sebagai informasi, menghadapi cuaca buruk elnino. Pemerintah telah melakukan langkah antisipasi dengan suplai stok beras nasional 4 juta ton, beras bulog 1 juta ton dan alokasi anggaran Rp3 triliun. (wdi)

(rhs)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini