Share

Indonesia Peroleh Hibah Pendidikan Rp10 Triliun

Zaenal Muttaqin , Jurnalis · Jum'at 06 November 2009 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2009 11 06 20 272924 6W1tbS0oKW.jpg Foto: Corbis.com

CIPANAS - Bappenas akan segera menarik hibah luar negeri senilai USD1 miliar atau setara dengan Rp10 triliun. Rencananya, dana hibah digunakan untuk menopang kebutuhan pendanaan pemenuhan kebutuhan pendidikan dasar nasional.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Kebudayaan Bappenas Nina Sardjunani mengatakan, dana hibah didapat dari Europian Comission dan The Australian Government's Overseas aid Program (Ausaid). Masing-masing menyumbangkan 400 Juta Euro dan 600 juta dolar Australia.

"Sehingga bila dihitung dengan kurs dolar AS, nilai hibah yang kita terima mencapai USD1 miliar. Cukup besar untuk skala hibah," ujar Nina dalam Temu Media Bappenas di Cipanas, Jawa Barat, Jumat (6/11/2009).

 

Menurut Nina, dana hibah akan digunakan untuk membiayai program pendidikan dasar usia 7-12 tahun dan 13-15 tahun tahun depan. Dana akan dialokasikan melalui departemen penanggungjawab pelaksanaan programnya yakni Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional.

Nina menjamin, dana hibah ini bersifat tidak mengikat. Sebab selain harus mengacu pada mekanisme pengadaan barang dan jasa domestik, pemanfaatannya juga merujuk pada rencana kerja sektor masing-masing departemen.

"Kita memanfaatkannya berdasar petunjuk Jakarta Commitment. Syukurnya, mereka cukup memahami keinginan kita membangun good governance," paparnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini