nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gagal Bayar Dubai World Tak Pengaruhi Domestik

J Erna, Jurnalis · Sabtu 28 November 2009 10:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2009 11 28 278 279827 EtlyYJ46So.jpg Ilustrasi. Foto: Corbis

JAKARTA - Analis pasar modal memperkirakan berita gagal bayarnya Dubai World dan anak usahanya atas sebagian obligasinya tidak memberi dampak secara langsung terhadap pasar finansial dalam negeri.

Kepala Riset Financorpindo Nusadana Edwin Sebayang berpendapat, dampak gagal bayar Dubai World tersebut tidak memberi pengaruh secara langsung terhadap pasar finansial dalam negeri.

"Secara langsung tidak terpengaruh karena finansial juga sedang konsolidasi dan kalau pun (IHSG) vmenurun cenderung karena aspek psikologi karena Asia juga turun," kata dia saat dihubungi, di Jakarta, Sabtu (28/11/2009).

Kendati demikian, menurut dia, emiten sektor konstruksi seperti PT Adhi Karya Tbk dan PT Wijaya Karya Tbk perlu dicek apakah mereka terkena dampaknya. "Dua (emiten) ini sebenarnya yang terpengaruh, karena itu perlu dicek," imbuh dia.

Sebelumnya, pemerintah Dubai mengumumkan Dubai World meminta penyedia pembiayaan Dubai World dan anak usahanya untuk memperpanjang jatuh tempo menjadi 31 Mei 2010.

Tercatat, anak usaha Dubai World, Nakheel memiliki obligasi syariah senilai USD3,5 miliar yang jatuh tempo pada 14 Desember 2009 dan utang lainnya senilai USD980 juta yang jatuh tempo pada 13 Mei 2010. Seain itu, Limitless, anak usaha Dubai World juga memiliki obligasi syariah senilai USD1,2 miliar, yang jatuh tempo pada 31 Maret 2010.

Pengumuman gagal bayar itu memberi dampak negatif terhadap pasar finasial global. Bahkan, bursa Eropa dan Asia langsung terkoreksi akibat berita itu. 

(ade)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini