nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI: Pengaruh Kasus Dubai ke Perbankan Minim

Widi Agustian, Jurnalis · Senin 30 November 2009 11:13 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2009 11 30 20 280195 QQxdPcBuu6.jpg Gedung BI. Foto: Koran SI

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menilai kasus gagal bayar Dubai World senilai USD59 miliar tidak akan banyak berpengaruh terhadap perbankan Indonesia. Pasalnya, perbankan Indonesia tidak memiliki banyak produk syariah yang banyak digunakan Timur Tengah.

"Mudah-mudahan dampaknya kecil. Dampaknya lebih ke arah pasar modal," kata Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan BI Halim Alamsyah, usai menghadiri seminar bertajuk "Prospek Industri Keuangan Perbankan tahun 2010", di kampus LPPI, Kemang, Jakarta, Senin (30/11/2009).

Dijelaskannya, saat ini BI juga tengah melakukan evaluasi atas dampak dari kasus Dubai ini. Akan tetapi, menurutnya kondisi perbankan yang sehat akan bisa mengeliminir faktor negatif seperti kasus Dubai tersebut. "Kita yakin industri perbankan kita cukup baik," ucapnya.

Apa yang terjadi ini, lanjutnya, berbeda dengan apa yang terjadi di Malaysia, di mana negeri tersebut merupakan penerbit dua pertiga obligasi syariah (sukuk ijarah). Maklum saja, Malaysia merupakan negara yang terkenal dengan sistem syariahnya.

(ade)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini