SBY Minta Regional Connectivity Dikembangkan

Iman Rosidi, Jurnalis · Senin 30 November 2009 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2009 11 30 320 280453 nRSQonEan5.jpg Presiden SBY. Foto: Suratman/Koran SI

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta Indonesia untuk mengembangkan hubungannya dengan tingkat regional dan global di segala bidang.

"Yang dimaksud dengan regional connectivity keterhubungan antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN, Tiongkok dengan Jepang, India, Australia dan sebagainya," tuturnya, di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/11/2009).

Yang dimaksudkan dengan connectivity tiada lain adalah keterhubungan melalui media transportasi baik darat, laut, maupun udara dan juga melalui media telekomunikasi. "Persis seperti yang kita lakukan pada hari ini, peresmian sejumlah infrastruktur yang mendukung dengan connectivity itu," jelasnya.

Adapun connectivity pada tingkat Indonesia adalah tidak boleh hanya terhubung dan tersambung antara Indonesia dengan negara-negara lain, tetapi lebih atau harus lebih dahulu di antara Indonesia sendiri yang harus saling terhubung.

"Jadi bagi saya, bagi Indonesia, domestic connectivity justru lebih penting atau sangat penting. Tidak baik misalnya Jakarta atau kota-kota besar tersambung dengan dunia luar, tetapi di antara kita, di antara 33 provinsi, di antara pulau-pulau besar misalnya Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua tidak saling terhubung, itu tidak boleh dan tidak sepatutnya," paparnya.

Menurutnya, ini karena Indonesia tidak ingin hanya mendapatkan peluang yang terhubung itu saja, sedangkan daerah atau provinsi atau pulau yang tidak saling terhubung lantas tidak maju atau tertinggal dari provinsi-provinsi yang lain.

"Itu tentu bukan pilihan kita, bukan kebijakan kita. Oleh karena itu saya menyambut dengan baik prakarsa dari Telkom yang tentunya direction dari menkominfo dan dukungan gubernur dan semua pihak, hari ini dapat kita resmikan tiga proyek yang telah saya sebutkan tadi," pungkasnya. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini