Jual Saham Citi, Kuwait Untung USD1,1 M

Nurfajri Budi Nugroho, Jurnalis · Senin 07 Desember 2009 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2009 12 07 213 282504 YNhJavXgi5.jpg (Foto: Bloomberg)

KUWAIT CITY - Kuwait Investment Authority (KIA), lembaga pengelola dana investasi keemiran, menjual kepemilikannya di bank raksasa Amerika Serikat Citigroup untuk mendapatkan keuntungan berlimpah.

KIA membeli USD3 miliar saham preferen di Citigroup pada Januari tahun lalu. Lembaga pengelola dana itu mentransfer saham preferen menjadi saham biasa dan menjual seluruhnya seharga USD4,1 miliar.

Dikutip dari AP, Senin (7/12/2009), badan-badan pengelola investasi asing negara-negara Teluk Arab adalah investor raksasa di perusahaan-perusahaan AS dan Eropa. Mereka menggunakan hasil dari penjualan minyak untuk membeli saham-saham perusahaan besar, dari Citi hingga Volkswagen AG dan Mercedes-Benz.

KIA bergabung dengan investor-investor besar, termasuk Government of Singapore Investment Corp dan Pangeran Alwaleed bin Talal dari Arab Saudi, untuk menyuntikkan USD12,5 miliar ke Citi pada Januari 2008. Ketika itu, bank tersebut berupaya bangkit akibat merosotnya nilai mortgage.

Pada saat yang sama ketika KIA berinvestasi di Citi, lembaga itu membeli USD2 miliar saham di Merrill Lynch, yang juga membutuhkan dana akibat krisis kredit.

Merrill kemudian dibeli oleh Bank of America Corp, yang pekan lalu mengejutkan investor dengan membayar kembali USD45 miliar uang dana talangan dari pemerintah federal.

(jri)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini