nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dubai Tak Akan Jual Aset

Koran SI, Jurnalis · Selasa 08 Desember 2009 09:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2009 12 08 213 282765 F61oO6MgiV.jpg Foto: AFP.

DUBAI - Pemerintah Dubai menyatakan tidak akan menjual aset apapun untuk memenuhi kewajiban milik perusahaan negara Dubai World.

Kendati demikian, Pemerintah Dubai menyatakan perusahaan konglomerasi itu kemungkinan akan menjual sebagian aset asingnya. "Cara memperoleh pendanaan adalah dengan menjual aset milik perusahaan dan bukan milik pemerintah," ujar Direktur Jenderal Departemen Keuangan Dubai Abdulrahman Al-Saleh dalam sebuah wawancara dengan stasuin televisi Al-Jazeera Senin (7/12/2009) waktu setempat.

Ada kebingungan di kalangan media terkait rencana pemerintah untuk menjual aset.Tapi tidak ada yang bisa mencegah penjualan aset ini di luar negeri baik investasi maupun real estate.

Al-Saleh mengatakan, Dubai World memiliki aset lokal yang dapat dialokasikan untuk dijual guna memenuhi kewajibannya. Dia juga menegaskan kembali bahwa bahwa pemerintah tidak akan menjamin utang konglomerasi itu. Sebelumnya, perusahaan Dubai World yang sahamnya dimiliki pemerintah meminta penghentian pembayaran pada 25 November lalu senilai USD59 miliar ke berbagai kreditor. Dari jumlah tersebut USD3,52 miliar dalam bentuk sukuk yang jatuh tempo bulan ini.

Dubai World juga sudah mengajukan restrukturisasi utang mereka sebesai USD26 miliar namun belum diketahui hasilnya. Al-Saleh menolak berkomentar terkait rencana pembicaraan Dubai World dengan kreditor yang disebut-sebut akan digelar pekan ini.

"Lebih baik meninggalkan (masalah) ini di tangan manajemen Dubai World, para konsultan dan pihak-pihak lain (kreditur)," katanya. Dia menegaskan bahwa bahwa keemiraan Dubai mampu memenuhi kewajiban utang negara yang diperkirakan mencapai USD20 miliar. Al-Saleh menambahkan, Dubai World juga mendapatkan dukungan dari Dana Bantuan Keuangan Dubai (DFSF) dan terus berkomunikasi dengan lembaga itu. (yanto kusdiantono)

(rhs)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini