nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tutup Bank Akita, Barclays Dapat Tambahan Modal USD151 Jt

Candra Setya Santoso, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2010 11:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 03 24 213 315570 8fU9vAi4Hi.jpg Foto: CNN.com

LONDON - Barclays Plc memang sudah memikirkan matang-matang penutupan Bank Akita, yang 99 persen sahamnya resmi dibeli Barclays tahun lalu. Dari sikap tersebut setidaknya, bank terbesar kedua di Inggris ini, bisa menambah modal mereka hingga 100 juta poundsetrling atau setara USD151 juta.

"Sebagai bagian dari restrukturisasi, Barclays akan menyusun kembali sebagian dari bisnis kami. Ini dilakukan dalam rangka memfokuskan sumber daya pada kegiatan-kegiatan yang akan diprioritaskan ke depannya," demikian dalam pernyataan Barclays, seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (24/3/2010). "Ini akan menghasilkan mereposisi non-biaya berulang dari sekira 100 juta pound," tambahnya.

Dijelaskan pula, Barclays Plc berencana mereorganisasi struktur perusahaan menjadi tiga divisi terpisah, sebagai bagian dari rencana pencabutan investasi unit bisnis retailnya di Indonesia. Selanjutnya, Barclays akan menjual atau menutup Bank Akita di Indonesia, yang telah diakuisisi oleh mantan global perbankan ritel dan korporasi kepala Frits Seegers pada September 2008.

Chief Executive Officer John Varley penah mengatakan, ekspansi perusahaan internasional di sector ritel dan perbankan terlalu agresif. Sedangkan, Presiden Barclays Bob Diamond, yang menahkodai bank investasi, Barclays Capital, menyerahkan kendali atas bank komersial ini pada 3 Desember lalu pada Frits Seegers.

Reorganisasi tidak akan memberi dampak siknifikan kepada perusahaan. "Baik secara keseluruhan laporan laba rugi, neraca atau pernyataan utama lainnya," kata Barclays.

Bank Akita memiliki sekira 51 juta pound dari aset dan 10 gerai di tiga kota, mempekerjakan sekira 300 orang, ketika dibeli oleh Barclays. Kreditur Inggris akan terus menawarkan layanan perbankan di Indonesia tanpa mengembangkan cabangnya.

(css)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini