nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hengkangnya Barclays Tak Masuk Aturan PBI

Widi Agustian, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2010 15:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2010 03 26 320 316466 RJWQGTDEfO.jpg Gedung Barclays. Foto: Financialpost

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan hengkangnya Barclays Plc dari ritel banking di Indonesia melalui Bank Akita, tidak masuk dalam aturan Peraturan Bank Indonesia (PBI).

"Tidak ada aturan, tidak ada di PBI," kata Direktur Direktorat Pengawasan dan Pengaturan Perbankan BI Halim Alamsyah, usai Salat Jumat di lingkungan kantor BI, Jakarta, Jumat (26/3/2010).

Menurutnya keluarnya Barclays tersebut sudah sesuai dengan diskresi di mana tidak semua aturan-aturan yang praktek-praktek yang biasa dilakukan perbankan, karena harus tertulis ada fleksibilitasnya. "Itu kewenangan Dewan Gubernur, kalau kita buat aturannya secara rinci akan jadi kurang fleksibel," katanya.

Selain itu, pertimbangan BI awalnya bila salah satu bank besar di London ini akan lebih bermanfaat bila bertahan di Indonesia hingga empat tahun, namun ternyata ada aturan umum mengenai bank asing yang ada di Indonesia. Setelahnya memang ada beberapa hal yang dipertimbangkan lagi.

"Aturan umum terkadang tidak bisa memenuhi kondisi tertentu, itu bukan pengecualian, tapi itu diskresi. BI memang diberikan wewenang untuk melakukan diskresi agar menjadi efektif," pungkasnya.

(ade)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini