Turis Asing pun Dapat Pengembalian PPN

Ajat M Fajar, Jurnalis · Jum'at 02 April 2010 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2010 04 02 20 318728 6Vjv5AfNha.jpg Foto: Koran SI

JAKARTA - Pemerintah memberikan fasilitas pengembalian PPN yang sudah dibayarkan atas pembelian barang kena pajak di Indonesia yang kemudian dibawa oleh turis asing keluar daerah pabean Indonesia.

Ini diungkapkan Dirjen Pajak M Tjiptardo saat konferensi pers, di Gedung Ditjen Pajak, Jakarta, kemarin, pengembalian PPN tersebut masuk dalam sistem value-added tax (VAT) refund.

Adapun VAT refund dilakukan pada tanggal keberangkatan keluar negeri sesaat sebelum meninggalkan Indonesia. Di mana pada tahap awal pelaksanaan, turis asing dapat mengajukan klaim VAT refund melalui counter VAT refund di Ditjen Pajak yang terdapat di bandara Soetta Jakarta dan bandara Ngurah Rai Bali.

"VAT refund akan dikembalikan melalui dua cara, yaitu tunai dengan mata uang rupiah apabila memenuhi syarat dan nilai pajak yang dimintakan pengembalian tidak melebihi Rp5 juta, atau lebih dari Rp5 juta tetapi turis asing tersebut tidak dapat menyampaikan informasi yang dibutuhkan untuk pengembalian secara transfer, maka diberikan pengembalian secara tunai sebanyak Rp5 juta," bebernya.

Namun demikian, atas selebihnya juga dikembalikan. Transfer sendiri dilakukan apabila nilai pajak lebih dari Rp5 juta, informasi untuk pengembalian transfer yang dicantumkan pada nota persetujuan pengembalian kelebihan pembayaran PPN adalah nama, nomor rekening, nama dan tujuan transfer dan mata uang yang dikehendaki, transfer paling lambat dikembalikan satu bulan sejak klaim disampaikan.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini