nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Proyek Pupuk Iran Tak Libatkan Pusri

Sandra Karina, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2010 19:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2010 06 09 320 341331 h5IRTvPvPZ.jpg Foto: Koran SI

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat memastikan, proyek kerja sama pembangunan pabrik pupuk di Iran melalui kerja sama dengan National Petrochemical Company of Iran (NPCI), tidak akan melibatkan PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) dan menggantinya dengan mitra lain.

“Saya tadi pagi membicarakan dengan Pak Gita (Kepala BKPM Gita Wirjawan) dan Menteri BUMN, karena itu (proyek pupuk) terhenti. Kemungkinan akan diteruskan, tapi Pusri akan diganti atau joint dengan BUMN lain," kata Hidayat di Jakarta, Rabu (9/6/2010).

Hidayat mengakui, hingga saat ini, pihaknya belum mengetahui mengapa proyek kerja sama dengan Iran hingga saaat ini belum juga direalisasikan oleh Pusri. Kendati demikian, Hidayat menyadari bahwa kerja sama dengan pihak Iran memang bukan perkara yang mudah. "Mungkin dia (Pusri) ada agenda lain,” ucapnya.

Menurutnya, masih ada beberapa keterbatasan dari sisi politis dan hubungan perbankan. Namun, lanjutnya, pemerintah tetap membuka peluang bagi pihak lain yang mau terlibat dalam proyek kerja sama tersebut. “Karena kalau dengan Iran itu, ada hal-hal yang berbeda, misalnya network banking-nya. Itu hal-hal yang musti dipecahkan,” imbuhnya.

Walaupun Pusri tidak lagi terlibat dalam proyek kerja sama tersebut, Hidayat menjelaskan, proyek itu akan tetap berjalan. “Karena Iran komit untuk membantu suplai gasnya untuk pabrik pupuk tersebut dengan harga yang sangat murah. Ini diutamakan dipakai untuk urea di Indonesia,” tukas Hidayat.

Direktur Jenderal Industri Agro dan Kimia Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Benny Wachyudi sebelumnya pernah mengatakan, kejelasan proyek patungan tersebut, masih menunggu sikap dari Pusri.

“Pihak Iran sudah berkomitmen merealisasikan proyek itu, hanya masalah waktu saja. Ini masih menunggu sikap dari Pusri, masih mau atau akan mundur,” kata Benny.

(ade)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini