Share

Kurangi Emisi Karbon, RI Raih Hibah 1,5 Juta Poundsterling

Candra Setya Santoso, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2010 14:53 WIB
https: img.okezone.com content 2010 06 15 320 343163 AaUTdgOL6R.jpg Foto: Corbis

JAKARTA - Pemerintah Indonesia mendapatkan hibah 1,5 juta poundsterling dari Pemerintah Inggris untuk mengurangi emisi karbon di Indonesia dari 26 persen menjadi 41 persen selama 20 tahun.

Kepala Pusat Investasi Pemerintah Soritaon Siregar, seperti dikutip situs resmi Kementerian Keuangan mengatakan hibah dana yang diberikan pemerintah Inggris ini merupakan hasil komitmen pemerintah Indonesia yang siap melakukan penurunan emisi karbonnya dan siap menjaga kelestarian hutan alamnya sebagai paru-paru dunia.

"Dana yang diberikan itu nantinya untuk melaksanakan program Dewan Nasional Perubahan Iklim yang salah satu tujuannya mengurangi emisi karbon dari 26 persen menjadi 41 persen dalam 20 tahun dengan berbagai rencana seperti mempersiapkan renewable energy dan melestarikan hutan lahan gambut," kata Soritaon, di Jakarta, Selasa (15/6/2010).

Pemerintah Indonesia dibantu oleh Department For International Development, salah satu lembaga keuangan di bawah Menteri Keuangan Inggris, mempersiapkan kegiatan yang tepat memanfaatkan dana tersebut.

"Dari 1,5 juta poundsterling, sebesar satu juta poundsterling untuk membuat proyek investasi yang dapat mengurangi emisi karbon seperti pembangunan Pembangkit listrik Geotermal (panas bumi), Hydro (PLTA), kemudian 500 ribu poundsterling untuk pengembangan Capacity Building," pungkasnya.

(css)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini