SPAB Keluar, Citigroup Resmi Jadi Perusahaan Efek

Widi Agustian, Jurnalis · Rabu 07 Juli 2010 10:42 WIB
https: img.okezone.com content 2010 07 07 278 350341 uq2vYxLWQe.jpg Gedung Citigroup. Foto: AP

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah memberikan surat persetujuan anggota bursa (SPAB) kepada Citigroup Securities Indonesia Rabu (7/7/2010) ini. Dengan demikian, Citigroup telah secara resmi menjadi perusahaan efek.

"Kita sudah berikan surat (SPAB) hari ini kepada Citigroup," jelas Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Wan Wei Yong saat ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (7/7/2010).

Dia menjelaskan, proses persetujuan kepada Citigroup Securities ini sudah berlangsung sejak 2008 lalu, di mana Citigroup masuk melalui Republik Securities.

Tapi, karena waktu itu Citigroup terkendala dengan adanya aturan perusahaan sekuritas yang tidak boleh memiliki saham lebih dari 20 persen di perusahaan sekuritas lain.

Sementara, pada waktu itu, Citigroup memiliki saham sebanyak 38 persen di Nikko Securities. "Tapi sekarang dia sudah keluar dari Nikko. Dan untuk keluar itu memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar," imbuhnya.

Setelah mendapatkan SPAB dari BEI, Citigroup Securities Indonesia sudah bisa melakukan transaksi secara langsung di BEI. "Secara teknis Citigroup sudah tidak memiliki kendala," jelasnya.

Dia menambahkan jika Citigroup sudah melakukan tes dengan sistem JATS Next-G milik BEI pada Sabtu 4 Juli lalu. "Sabtu kemarin dia sudah testing," imbuhnya.

Dengan demikian, Citigroup telah memunuhni syarat trading limit yang ada. Selanjutnya, Citigroup tinggal melakukan koordinasi dengan Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI) untuk merealisasikan rencananya tradingnya ini. "Tinggal urusan sama KPEI," tukas dia.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini