2010, Dubai Terus Optimistis Bisa Terbitkan Obligasi

Ade Hapsari Lestarini , Jurnalis · Senin 23 Agustus 2010 11:45 WIB
https: img.okezone.com content 2010 08 23 213 365614 6uqvJ0Lrpm.jpg ilustrasi. foto: corbis

DUBAI - Kementerian Keuangan Dubai akan terus mengusahakan opsi mereka untuk tetap menerbitkan surat utang yang berpotensial pada tahun ini, namun tidak ada tekanan untuk harus menerbitkannya.

Anggota Uni Emirat Arab ini berencana meluncurkan obligasi tersebut dengan melakukan non-deal roadshow untuk investor fixed-income di Asia. Seorang analis mengisyaratkan bila Dubai bisa mengeluarkan obligasi pada tahun ini senilai USD23,5 miliar untuk restrukturisasi utang.

"Pilihan ini sangat terbuka. Kami tidak berada di bawah tekanan untuk melakukan sesuatu," ungkap Direktur Umum Departemen Keuangan Dubai, Abdulrahman Al-Saleh, dilansir dari Reuters, Senin (23/8/2010).

Roadshow tersebut pun direncanakan minggu ini dan menjadi opsi kedua Dubai dalam tiga bulan terakhir dan pemerintah menyatakan akan menyiapkan strategi untuk memperbarui investor pada perekonomian Dubai. Pada Juni, Pemerintah dari Negeri Teluk ini telah bertemu dengan investor fixed income di Eropa.

Selama melakukan presentasi di Asia, akan diselenggarakan oleh HSBC dan Mitsubishi UFJ Financial Group yang dijadwalkan berlangsung pada 26 Agustus di Hong Kong dan pada 27 Agustus di Singapura.

Seperti diketahui, Dubai meluncurkan program obligasi senilai USD6,5 miliar pada Oktober lalu, terdiri atas medium-term notes (MTN) berdenominasi euro sebesar USD4 miliar dan sukuk USD2,5 miliar.

Tidak seperti negara emirat penghasil minyak, Abu Dhabi, Dubai tidak memiliki sovereign rating. Analis mengatakan penerbitan obligasi ini bisa membuat masalah utang negara itu dengan harga yang wajar.

Abu Dhabi, mempunyai peringkat AA2 dari Moody's dan AA dari Standard & Poor's, dan bisa menjual surat utang sebesar USD3 miliar pada April 2009. Hal ini tidak mempengaruhi penerbitan surat utang di 2010.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini