Perencanaan Keuangan Masyarakat RI Masih Rendah!

Andina Meryani, Jurnalis · Rabu 01 September 2010 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2010 09 01 278 369108 NKhEu5qPmh.jpg ilustrasi Foto: Corbis

JAKARTA - Kemampuan perencanaan keuangan masyarakat Indonesia ternyata masih minim. Hanya sebagian kecil saja yang mampu disiplin beranggaran.

Citi Indonesia menunjukkan hasil penelitiannya dalam Citi Fin Q bahwa hanya 32 persen masyarakat Indonesia yang mampu menetapkan anggaran dan memiliki disiplin untuk mengelola keuangan berdasarkan anggaran atau lebih singkatnya memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Jumlah tersebut tentunya masih sangat minim, padahal, disiplin anggaran dibutuhkan untuk menghindari terjadinya ‘besar pasak daripada tiang’, serta memastikan adanya keuangan yang cukup apabila sewaktu-waktu terdapat pengeluaran yang mendesak.

Demikian disampaikan Citi Country Officer for Indonesia Shariq Mukhar dalam siaran persnya yang dikutip okezone di Jakarta, Rabu (1/9/2010).

Lebih lanjut dipaparkan dengan berdisiplin dalam menerapkan anggaran, masyarakat sebaiknya dapat memiliki tingkat keuangan yang memadai apabila mereka tertimpa situasi keuangan yang memburuk, misalnya di-PHK.

Sebaiknya setiap orang memiliki simpanan darurat sebesar enam bulan gaji, namun demikian menurut survei Citi hanya sekira 44 persen masyarakat Indonesia mempunyai cadangan keuangan yang hanya cukup untuk tiga bulan ke depan.

"Selain itu, yang juga penting untuk dimiliki adalah rencana hari tua. Tidak ada satu pun orang yang bisa bekerja selamanya, inilah mengapa rencana hari tua dibutuhkan agar membantu individu dan keluarga tetap mempunyai kehidupan yang layak," jelasnya.

Akan tetapi, survei yang sama dari Citi memperlihatkan, hanya 26 persen masyarakat Indonesia memiliki perencanaan hari tua yang matang.

“Kami ingin masyarakat Indonesia semakin paham mengenai keuangan, agar dapat mewujudkan cita-cita individu dan keluarga masing-masing. Melalui komitmen Citi untuk menghadirkan pendidikan finansial bagi publik, kami harap dapat membantu masyarakat Indonesia dalam menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi mereka dan orang-orang yang mereka cintai,” lanjutnya.

Menyikapi hasil penelitian tersebut, Citi Indonesia hari ini meluncurkan program pendidikan keuangan berjudul ‘Managing Your Wealth’, yang berisikan informasi lengkap dan praktis mengenai bagaimana mengatur keuangan dengan baik.

Program ini bertujuan membekali publik dengan pengetahuan finansial yang diperlukan dalam setiap tahapan kehidupan. Selain di Indonesia, Managing Your Wealth juga tersedia di negara-negara lainnya di kawasan Asia Pasifik.(adn)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini